Krepitasi atau bunyi seperi keripik, patah tulang; paha, lutut

N Info Penanya: N, Pria, 19 Tahun
Pada bulan September 2014 saya mengalami kecelakaan dan di vonis patah tulah paha dan lutut. Bulan pertama sampai ketiga tidak ada masalah, masuk bulan ke empat saya di bonceng naik motor dari Malang ke Pasuruan Pulang Pergi dan kondisi jalan macet. Sehari setelah itu kaki saya sakit, saat bergerak seperti ada bunyi keripik dan sakit buat jalan. Ini kenapa ya dok? Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Dear Adik N,

Sayang sekali Adik tidak meinginformasikan siapa yang membuat vonis patah tulang saat kecelakaan di bulan September 2014 lalu. Bila Diagnosa diberikan oleh Dokter maka sudah pasti didasarkan atas temuan pada pemeriksaan dan hasil test diagnostik yang mendukung informasi medis tsb.

Bunyi seperti keripik saat bergerak (disebut “krepitasi”) adalah dapat saja disebabkan karena pergesekan antara tulang yang patah saat bergerak.

Saran kami sebaiknya Adik segera mengujungi Dokter Spesialis Tulang (Ortopedi) terdekat di tempat tinggal Adik, supaya segera dapat ditangani dengan baik.

Bila tulang yang patah tidak segera diobati, maka dapat menyebabkan komplikasi antara lain :

  1. Rasa sakit terus menerus
  2. Patahan tulang dapat menekan pembuluh darah dan syaraf sehingga dapat terjadi perdarahan dalam yang mengancam nyawa.
  3. Penyembuhan tulang tidak sempurna, dapat terjadi pertumbuhan tulang baru yang menyebabkan kecacatan seperti kaki kanan dan kaki kiri menjadi tidak sama panjang.
  4. Terjadi kerusakan jaringan (nekrosis = kematian jaringan) akibat penekanan dari tulang yang patah, menyebabkan terjadinya infeksi lama dan tidak sembuh.
  5. Tulang tidak bersambung dan bengkok.
  6. Kelumpuhan dan kecacatan sehingga menyebabkan gangguan terhadap pergerakan, fungsi dan estetika.

Adik tidak perlu takut bahwa patah tulang bila berobat ke Dokter maka selalu harus dilakukan operasi. Hal ini tidak menar, karena tidak semua patah tulang harus disembuhkan dengan cara operasi. Untuk lebih jelasnya maka sebaiknya Adik segera mengunjungi Dokter supaya dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang sesuai.

 

Salam Sehat

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dengan mengenal apa itu fisioterapi, Anda tidak akan ragu lagi untuk mendapatkan manfaatnya bagi penderita paraplegia

Mengenal Apa Itu Fisioterapi dan Pendekatannya untuk Penderita Paraplegia

Penderita paraplegia masih dapat memperbaiki kondisi disabilitasnya dan meningkatkan kualitas hidupnya denga program fisioterapi. Yuk, mengenal apa itu fisioterapi dan pentingnya layanan ini bagi penderita paraplegia.