Kreatinin dan ureum yang tinggi pada gagal ginjal

NM Info Penanya: NM, Wanita, 36 Tahun
Dokter, saya seha usia 36 tahun, selama 6 tahun menderita CKD, saat ini kadar kreatinin saya 5,3 dan ureum 85. Dokter apakah ada cara untuk dapat menurunkan kadar kreatinin dalam darah saya? Selain cuci darah, karena saya tidak bersedia untuk dicuci darah...terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang NM,

Ureum dan kreatinin adalah kadar yang dinilai dalam darah untuk menilai fungsi dari ginjal, dimana jika kadarnya meningkat dapat menandakan fungsi ginjal yang menurun ataupun mengalami kegagalan terutama jika kadarnya meningkat sangat tinggi. Apabila dibiarkan, ureum dan kreatinin ini bisa mengganggu tubuh dimana seharusnya ureum dan kreatinin yang merupakan limbah dibuang bersama urine.

Pada kondisi gagal ginjal kronis atau CKD, cuci darah merupakan terapi utama agar membantu tubuh membuang sisa metabolisme yang tidak lagi bisa diproses oleh ginjal yang mengalami kegagalan. Selain cuci darah, terapi lain yang bisa dilakukan adalah dengan transplantasi ginjal apabila gagal ginjal kronis sudah mencapai stadium akhir atau sering kali disebut dengan end stage chronic kidney disease. 

Apabila terjadi gagal ginjal kronik, cuci darah atau hemodialisis memang perlu dilakukan dinilai  dari berat ringannya gejala dan juga laju filtrasi glomerulus. Dimana pada gagal ginjal kronik cuci darah akan dilakukan secara rutin. Hal ini memang dirasa menakutkan dan menimbulkan rasa was-was tetapi hal ini yang bisa paling efektif untuk mengatasi permasalahan yang ada.

Untuk itu ada baiknya berkonsultasi pada dokter penyakit dalam ahli ginjal dan hipertensi Anda untuk penanganan lanjutan. Dimana jika tidak dilakukan bisa mengakibatkan keluhan dan gejala yang lebih berat. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat kapur barus dapat digantikan oleh bahan-bahan alami.

Manfaat Kapur Barus Bisa Digantikan 9 Bahan Alami ini

Dikenal begitu bermanfaat untuk ruangan, kapur barus ternyata memiliki efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Untuk menyiasatinya, manfaat kapur barus dapat digantikan dengan 9 bahan alami ini.