Kram perut seperti tanda haid tapi sampai sekarang belum datang bulan

LS Info Penanya: LS, Wanita, 2019 Tahun
Dokter saya ingin bertanya, sebelum tanggal Haid/pms saya mengalami keram perut seperti tanda Haid , lalu mual . Dan sampai sekarang saya belum datang bulan dan tanggal seharusnya pms sudah lewat .. Lalu ini bagaimana ya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang LS,

Sering kali gejala yang timbul saat menjelang menstruasi atau premenstrual sindrom (PMS) dapat mirip dengan tanda awal kehamilan seperti misalnya kram perut, nyeri atau rasa sensitif pada payudara, kelelahan, lebih sensitif terhadap aroma tertentu, mual, timbul flek, ataupun juga adanya perubahan suasana hati yang mendadak. Meskipun demikian penyebab kram perut dan terlambat menstruasi sendiri beragam baik gangguan pencernaan, stres, gangguan pada saluran reproduksi dan penyebab lainnya.

Siklus menstruasi sendiri normalnya adalah 21-35 hari dengan lama menstruasi 3-7 hari. Jika sudah berhubungan intim dan menstruasi timbul terlambat hingga 1 bulan, dapat dilakukan pemeriksaan awal kehamilan menggunakan test pack ataupun juga pemeriksaan pada dokter untuk mencari tahu penyebab menstruasi terlambat. Upayakan untuk tetap menjaga pola hidup sehat, cukup beristirahat, kelola stres dengan baik dan perhatikan perubahan atau gejala lain yang menyertai agar membantu dokter menentukan penyebab keluhan yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

LS
10 Sep 2019, 08:02
Terimakasih dokter, saya sudah tespej 2kali dan syukur hasilnya positif.. Saya hamil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cermati tanda-tanda menstruasi agar Anda lebih siap menyambut tamu bulanan

Bersiaplah, Ini 9 Tanda Menstruasi akan Segera Tiba

Tanda-tanda menstruasi atau PMS terjadi sekitar lima hari hingga dua minggu sebelum haid datang. Agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari, ini tanda menstruasi yang perlu diketahui.