04 Oct 2021, 09:59Kandungan

kram perut apakah karena bekas sesar 23tahun lalu?

N
Info Penanya: N, Wanita, 23 Tahun
ibu saya mengalami kram pada perutnya,apakah itu bisa disebabkan oleh luka bekas sesar?tpi ibu saya sesar sudah 23 tahun yang lalu.
58 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Evelin Kwandang
(0)
Halo N,Kram perut dapat terjadi karena kontraksi otot perut, adanya masalah pada usus, maupun gangguan pada pencernaan. Beberapa kemungkinan penyebabnya adalah
  • Peningkatan asam lambung, bisa terjadi karena terlambat makan, sering makan pedas dan asam atau minum kopi. Dan umumnya disertai gejala lain seperti mual, diare, atau terasa tidak nyaman diuluhati.
  • Infeksi saluran kemih yang disertai gejala nyeri dan panas saat buang air kecil atau rasa tidak tuntas saat berkemih sehingga sering kencing tapi sedikit-sedikit.
  • Kram menstruasi
  • Gejala PMS (premenstrual syndrome)
  • Kehamilan
  • Sembelit
  • Keracunan makanan atau alergi makanan

Kram bisa saja disebabkan oleh jaingan ikat pada bekas operasi caesar

Untuk apakah kram disebabkan oleh riwayat operasi caesar 23tahun yang lalu, sebetulnya kemungkinannya kecil. Memang bisa saja ada jaringan ikat yang terbentuk di sekitar jahitan lalu menyebabkan rasa tertarik pada otot perut sehingga mirip dengan kram namun untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan USG lebih lanjut oleh dokter spesialis kandungan. Sementara itu, lakukan kompres hangat pada bagian perut yang kram, istirahat cukup, perbanyak air putih, dan lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat jika keluhan tidak hilang sendiri dalam waktu 3hari.
Salam sehat
dr. Evelin Kwandang
operasi caesarkram ototsakit perut
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil