10 Jan 2021, 15:55Penyakit Lainnya

Apa penyebab nyeri perut bawah sebelah kiri pada wanita ?

RD
Info Penanya: RD0
dok saya ada keluhan dibagian perut bawah. sedikit nyeri seperti menjelang haid. tapi menurut kalender (saya download aplikasi flo) belum menunjukkan untuk haid. terakhir saya haid juga baru selesai tanggal 25des kemarin dokter dengan haid hari pertama tanggal 18des nyerinya dominan di sebelah kiri, menjalar sampai kaki hingga kesemutan, dan sampai bokong. ada riwayat berhubungan tanggal 29des. sebelumnya pernah sprt ini, tidak mual muntah. itu kira2 knp ya dok? terima kasih
146 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat pagi, R.Nyeri perut bagian bawah terutama dirasakan oleh seorang wanita memiliki banyak kemungkinan, karena terdapat beberapa organ di dalamnya. Nyeri perut dapat dirasakan secara terus menerus, hilang timbul, memberat hingga wanita yang mengalaminya tidak dapat beraktifitas. 

Apa penyebab nyeri perut bawah sebelah kiri pada wanita ?

Perut bawah bagian kiri seorang wanita terdapat saluran pencernaan bagian akhir yaitu anus, kandung telur atau ovarium, saluran perkemihan atau ureter, jaringan lemak, otot, dan tulang. Semua organ dan bagian tubuh tresebut dapat mengalami gangguan yang menimbulkan nyeri. Penyebab nyeri perut bawah sebelah kiri pada wanita antara lain :

Cara mengatasi nyeri perut bawah sebelah kiri pada wanita

Cara mengatasi nyeri perut bawah sebelah kiri pada wanita antara lain :
  • Kompres hangat pada bagian perut.
  • Hindari terlalu banyak duduk dan mengangkat beban berat.
  • Minum air putih yang cukup dan jangan menahan kencing.
  • Makan buah dan sayur.
Jika nyeri perut bawah sebelah kiri semakin terasa nyeri, hingga membuat kelemahan pada kaki, susah untuk berjalan, nyeri dirasakan menusuk, membuat penderitanya lemas, pusing, seakan ingin pingsan, diikuti dengan mual, dan muntah, lakukan pemeriksaan segera ke dokter spesialis kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
infeksi saluran kemihpremenstrual syndrome (PMS)kehamilan ektopik
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil