Saya sudah telat seminggu, apakah saya hamil?

W Info Penanya: W, Wanita, 25 Tahun
dok perut saya terasa kram sebelah kanan tepat dkat pusat..kdg nyeri ny dtgkdg hlg..apa saya hamil dok??saya sudh telat haid slama smggu
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore W,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Tanda kehamilan bisa sangat mirip dengan premenstrual syndrome (PMS). Kondisi ini membuat beberapa wanita kesulitan dalam membedakan antara gejala awal kehamilan dengan PMS. Meskipun begitu ada beberapa gejala khas kehamilan yang bisa menjadi perhatian Anda :

  1. Mood yang berubah-ubah
    Berkaitan tentang  perubahan hormon yang terjadi pada diri Anda menyebabkan mood yang berubah-ubah.
  2. Kram perut dan flek-flek
    Kram perut yang dialami hampir sama dengan kram akan haid. Selain itu Anda akan mengalami perdarahan implantasi berupa bercak-bercak akibat dari proses menempelnya sel telur yang di buahi pada dinding rahim.
  3. Terlambat Haid
    Pada kondisi hamil akan menyebabkan siklus haid terhenti.
  4. Sering buang air kecil
    Saat hamil, tubuh akan memompa darah dalam jumlah yang lebih banyak, sehingga ginjal juga harus memroses cairan lebih banyak.
  5. Perubahan payudara
    Payudara wanita yang hamil kemungkinan akan mengalami pembesaran, terasa lebih penuh, nyeri, dan menghitam di daerah sekitar puting.

Saran saya sebaiknya Anda lakukan tesepack terlebih dahulu memastikan kondisi kehamilan Anda. Jika Anda yakin hamil Anda bisa lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan USG dan pemeriksaan lainnya.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
Dibalas oleh W
07 Mar 2020, 17:38
kemarin wktu telat 4 hari saya tespek dok,hasil nya 2 garis namun berjauhan.satu d atas satu dibawah dkt bacaan MAX.saya pkai tespek merk onemed
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Pengaruh rokok terhadap kehamilan sangat signifikan karena menyangkut pertumbuhan janin, jadi berhenti merokok untuk hamil adalah sebuah keharusan.

Tips Berhenti Merokok untuk Kehamilan yang Sehat

Berhenti merokok untuk hamil diperlukan untuk menjaga kesehatan janin dan ibunya. Oleh karena itu, Anda bisa menjauhi rokok saat hamil dengan melakukan tindakan, seperti mendekati keluarga/pasangan untuk meminta dukungan, mengenal bahaya rokok lebih dalam, dan menguatkan keinginan untuk hamil dan sehat.