28 Dec 2020, 17:26Kandungan

Kram perut disertai perih dan kembung apakah tanda saya hamil atau PMS?

H
Info Penanya: H0
Saya mau bertanya saya sudah mengalami nyeri perut dan kembung selama hampir seminggu apakah pertanda saya hamil?
1135 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat siang HNyeri perut dan kembung bisa menjadi tanda-tanda awal dari kehamilan. Tetapi nyeri perut dan kembung juga bisa karena gejala premenstruasi atau PMS (premenstrual syndrome) yang dirasakan seminggu sebelum masa haid muncul. 

Membedakan PMS Dan Tanda Awal Kehamilan

PMS (premenstrual syndrome) kerap kali dikira merupakan tanda-tanda awal kehamilan. Berikut cara membedakan PMS dan tanda kehamilan:
  • Kram perut
    Pada PMS kram ini dirasakan 1-2 hari menjelang haid dan berakhir setelah haid, tetapi pada kehamilan bisa dirasakan sepanjang kehamilan
  • Nyeri payudara
    Pada PMS payudara menajdi kencang dan sensitif dan hilang saat haid berakhir, tetapi pada kehamilan payudara membesar seiring kehamilan serta terasa penuh dan berat.
  • Perut kembung
    Pada PMS seringkali perut kembung disertai dengan sembelit. Pada kehamilan akan disertai mual muntah pagi hari (morning sickness).
  • Nafsu Makan
    PMS nafsu makan akan meningkat, sedangkan pada kehamilan tidak nafsu makan karena mual atau menginginkan jenis makanan tertentu.
  • Mood
    PMS dan kehamilan memang ada perubahan mood, perubahan mood bisa terjadi sepanjang PMS atau sepanjang kehamilan
  • Flek darah
    Pada kehamilan ini sebagai tanda implantasi janin pada dinding rahim, tidak terjadi pada PMS atau haid mulai berlangsung
  • Lelah
    Bisa terjadi pada PMS dan kehamilan karena pengaruh hormon, tetapi pada pMS lelah ini akan membaik setelah haid berakhir.
Apabila anda ragu, anda bisa mencoba melakukan pemeriksaan kehamilan mandiri dengan menggunakan alat test pack. Pakailah 2 alat test pack yang berbeda merek dan gunakan urin yang cukup pekat (kuning) serta ikuti petunjuk dengan baik untuk menghindari kesalahan. Bila anda masih ragu dengan hasilnya, anda tidak perlu ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kandungan dan kebidanan.Semoga bermanfaat. Salam sehat.dr. Pany CL 
kehamilantes kehamilanpremenstrual syndrome (PMS)cara menggunakan test pack
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil