11 Oct 2021, 00:23Kandungan

Mengalami kram perut saat haid, apakah normal terjadi ?

FK
Info Penanya: FK0
Halo doc, kemarin saya sempat mengalami kram perut sekitar 1 jam dan disusul dg darah haid yg berwarna merah segar, namun volume darah haid tsb tdk banyak spt biasanya dan terkdg saat pipis keluar gumpalan darah tsb. saat saya tidur volume darah yg keluar sepertinya meningkat dari sebelumnya, namun keesokan harinya volume darah yg keluar cenderung sedikit, dan hari ketiga ini volume darah yg keluar sgt sedikit dan kdg tidak keluar. apakah haid saya normal?
86 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat malam, F.Keluhan kram perut saat menstruasi sering dialami sebagian besar wanita dan ini merupakan hal yang normal. Kram perut saat menstruasi disebut dengan disminorea. Disminorea dipicu oleh prostalglandin.

Apakah mengalami kram perut saat haid, normal terjadi ?

Anda mengalami kram perut sekitar 1 jam dan disusul dengan darah haid berwarna merah segar, namun volume darah haid tidak banyak seperti biasanya. Terkadang saat berkemih keluar gumpalan darah.Saat Anda tidur volume darah yang keluar meningkat dari sebelumnya, namun keesokan harinya volume darah yang keluar cenderung sedikit, dan hari ketiga volume darah yang keluar sangat sedikit dan kadang tidak keluar, ini merupakan haid yang normal.Haid akan terasa lebih banyak pada hari pertama. Begitu pula kram perut normal terjadi menjelang haid hingga awal haid. Lama haid sekitar 3 hari hingga 1 minggu. Namun lama dan jumlah darah haid juga dapat dipengaruhi berbagai faktor seperti :
  • PCOS.
  • Endometriosis.
  • Gaya hidup tidak sehat.
  • Mioma uteri.
  • Kista ovarium.
  • Hipo/hipertiroid.
Kompres hangat pada perut saat kram, hindari aktifitas terlalu berat, konsumsi suplemen penambah darah untuk mencegah anemia, lakukan hidup sehat. Jika Anda haid tidak teratur, haid disertai kram perut hebat, haid sangat sedikit bahkan hanya berupa flek, lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
kram menstruasigangguan menstruasipremenstrual syndrome (PMS)
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil