22 Oct 2021, 18:27Kandungan

Terlambat haid dan keluar bercak perdarahan, apakah hamil?

AN*
Info Penanya: AN*0
Dok saya mau nanya, kan saya telat haid udah 2 hari, tapi tadi pagi perut saya kram sakit dan keluar kecoklatan diserati keputihan ..itu awal haid atau awal hamil muda dok? Soalnya saya testpack hasil negatif
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat malam, NTerima kasih atas pertanyaan AndaTerlambat haid pada wanita bisa terjadi karena berbagai penyebab, salah satunya adalah karena kehamilan apabila ada riawayat melakukan hubungan seksual sebelumnya. Untuk tahu apakah Anda hamil atau tidak bisa lakukan tes kehamilan atau dengan melakukan USG kandungan serta permeriksaan dokter. Idealnya siklus haid normal terjadi berkisar 21 hari - 35 hari, dengan lamanya haid normal yaitu 3 - 7 hari. Perdarahan haid diwawali dengan flek, keluar darah cair kekentalan atau bahkan gumpalan dna diakhiri dengan flek kembali sebelum perdarhaan haid selesai.

Berikut ini adalah beberapa penyebab terlambat haid selain karena hamil:

  • Ketidakseimbangan hormon
  • PCOS
  • Perubahan berat badan secara mendadak
  • Stres, atau kondisi psikologis yang lain
  • Efek pemakaian KB
  • Penyakit pada organ reproduksi

Apakah yang membedakan darah awal kehamilan dan darah haid?

Terkait dengan apa yang Anda tanyakan, peradahan pada awal kehamilan sering disebut dengan perdarahan implantasi yang terjadi karena menempelnya calon janin pada dinding rahim. Perdarahan implantasi terjadi sekitar 6 - 12 hari setelah terjadi pembuahan. Perdarahan implantasi hanya terjadi beberapa jam saja atau paling lama 3 hari. Berbeda dengan darah haid, darah implantasi hanya berupa bercak tidak ada gumpalan. Bila Anda sudah melakukan test pack hasilnya negatif, Anda bisa melakukan test pack ulang dengan jeda 7 hari kemudian untuk memastikan. Jika darah yang keluar ini terjadi lebih dari 3 hari dan hasil test pack yang ke dua tetap negatif, maka kemungkinan darah tersebut adalah darah haid. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan jika ada keluhan terkait kesehatan reproduksi Anda.Anda juga bisa membaca forum kami terkait perdarah implantasi dan darah haid di bawah ini:Semoga bermanfaat.
Salam sehat,
 dr. Dwiana A
hamilkehamilanmenstruasiflek darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil