Kram di bagian perut bawah dan sering buang air kecil

FM Info Penanya: FM, Wanita, 2019 Tahun
Begini dok. Belakangan ini saya sering merasakan kram dibagian bawah perut sebelah kanan kadang kiri. Sering buang air kecil, setiap buang air kecil serasa perut masih penuh dan masih ingin buang air kecil lagi. Bagaimana solusi terbaiknya dok? Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi FM,

Keluhan yang saat ini Anda rasakan seperti sering buang air kecil, rasa tidak tuntas setelahnya, rasa tidak nyaman di perut bawah dapat timbul karena beberapa penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Infeksi saluran kemih baik pada ginjal, kandung kemih ataupun saluran kencing
  • Keputihan
  • Infeksi di kemaluan
  • Gangguan ginjal 

Hal ini dapat dipicu oleh kebersihan organ intim yang kurang baik, kebiasaan menahan buang air kecil, aktivitas seksual, penggunaan kateter, gangguan kekebalan tubuh ataupun pencetus lainnya. Untuk itu periksakan diri agar dilakukan pemeriksaan penunjang seperti tes urine agar diketahui penyebabnya.

Perbanyak minum air putih, hindari minuman yang mengiritasi saluran kemih, basuh kemaluan dari arah depan ke belakang setelah buang air agar tidak terkontaminasi bakteri dari bagian anus, dan hindari produk perawatan kewanitaan yang menimbulkan iritasi. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sistem kekebalan tubuh yang lemah dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih kambuh lagi

Cara Mengobati dan Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih adalah penyakit pada saluran perkemihan yang dapat menyerang kandung kemih, ginjal, dan saluran penghubungnya. Konsumsi obat antibiotik, perawatan di rumah sakit, banyak minum air putih, dan hindari kebiasaan menunda buang air kecil merupakan cara mengobati sekaligus mencegah agar infeksi saluran kemih tidak berujung pada komplikasi.