Kram di bagian kanan, apakah gejala stroke?

DR Info Penanya: DR
Dok saya mau tanya. Nenek saya sering mengalami kram pada bagian tubuh sebelah kanan. Namun, sekitar satu jam kemudian akan kembali normal. Lalu disertai rasa pusing. Kata beberapa orang itu merupakan gejala stroke. Apakah benar ya dok? Lalu bagaimana cara mengatasi gejala stroke? Terimakasih,dok.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang DL,

Kram pada sebagian tubuh adalah salah satu tanda adanya permasalahan pada tubuh mulai dari gangguan saraf, gangguan pembuluh darah, gangguan elektrolit, ataupun gangguan asupan nutrisi.

Stroke sendiri adalah merupakan defisit atau penurunan pada kemampuan neurologis mulai dari kemampuan motorik dan juga bisa terjadi gangguan sensorik tergantung dari area pada otak yang mengalami gangguan. Stroke sendiri ada dua jenis yaitu akibat penyumbatan pembuluh darah  yang disebut stroke iskemik/stroke penyumbatan dan akibat pecahnya pembuluh darah yang disebut stroke hemoragik/stroke perdarahan.

Gejala stroke diantaranya seperti:

Stroke iskemik: Tampak wajah tidak simetris, lemas separuh badan, bicara menjadi pelo, pengihatan kabur, tidak seimbang dan lainya.

Stroke hemoragik: Gejala stroke iskemik ditambah dengan sakit kepala hebat, muntah menyembur, pingsan.

Penyebabnya sendiri bisa beragam mulai dari tekanan darah tinggi, kadar lemak darah tinggi, adanya gangguan pada pembuluh darah, penggunaan pengencer darah, adanya pembuluh darah yang abnormal sehingga rentan pecah, malformasi pembuluh darah dan lainnya.

Jika mengalami gejala stroke maka perlu untuk segera datang ke unit gawat darurat rumah sakit terdekat agar segera dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan tambahan seperti CT scan sebelum dilakukan penangan lanjutan sesuai jenis stroke. Mulai dari mengatasi sumbatan sampai operasi jika ada perdarahan hebat di otak.

Untuk itu ada baiknya memeriksakan nenek Anda pada dokter spesialis saraf agar diketahui apa yang menjadi pemicu gejala yang dialami. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

Dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Manfaat olahraga juga penting bagi penderita paraplegia untuk meningkatkan stamina sekaligus kualitas hidup mereka

Lumpuh Bukan Halangan, Ini Manfaat Olahraga untuk Penderita Paraplegia

Penderita kelumpuhan, termasuk paraplegia, tetap bisa memetik manfaat olahraga. Bukan hanya menurunkan risiko penyakit, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien paraplegia.