Kram dan nyeri perut bagian bawah saat haid dan BAB.

L Info Penanya: L, Wanita, 32 Tahun
Dokter, saya sering sekali mengalami keram perut dan nyeri perut bagian bawah saat saya haid dan darah yang keluar juga tidak lancar, tapi yang aneh saya juga mengalami nyeri perut bagian bawah saat saya ingin buang air besar dan beberapa kali saya mengeluarkan darah saat buang air besar. Kira-kira apa yang saya alami ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Keluhan nyeri perut bagian bawah ketika haid memang sering dialami oleh wanita, namun ada beberapa kondisi yang perlu diwaspadai ketika nyeri dirasakan sangat berat, haid tidak teratur atau darah yang keluar sangat banyak atau muncul perdarahan di luar siklus haid. Beberapa penyakit yang perlu diwaspadai adalah endometriosis, adenomiosis, polip rahim, fibroid rahim, kista ovarium, radang panggul, dll. Kelainan ini bisa dideteksi bila Anda melakukan pemeriksaan USG ke dokter kandungan.

Sedangkan untuk keluhan nyeri perut dan keluar darah ketika BAB bisa disebabkan oleh sembelit, fisura ani, wasir, divertikulitis, irritable bowel syndrome, dll.

Yang perlu Anda lakukan untuk mengurangi keluhan-keluhan yang Anda rasakan adalah dengan cara :
  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah.
  2. Minum air putih minimal 2 liter per hari.
  3. Kurangi stres.
  4. Jaga berat badan seideal mungkin.
  5. Hindari membaca koran atau bermain HP ketika BAB.

Bila keluhan menetap dan terasa semakin nyeri, darah yang keluar semakin banyak, maka segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Salam sehat,

dr. Vina

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Mayoritas wanita baru mengetahui mengidap fibroid rahim alias mioma secara tidak sengaja namun mioma dapat disembuhkan dengan obat maupun operasi

Mengidap Fibroid Rahim? Tenang, Begini Cara Menyembuhkan Fibroid Rahim!

Fibroid rahim alias mioma bisa disembuhkan dengan obat maupun operasi. Tumor jinak ini sebenarnya dapat hilang dengan sendirinya. Beberapa gejala fibroid rahim, antara lain nyeri haid yang parah dan sakit perut.