Kotoran telinga sudah terlalu lama dan mengeras

SH Info Penanya: SH, Wanita, 20 Tahun
"dokter, saya mau tanya obat apa yg cocok untuk adik saya dipunya kotoran ditelinga yg sudah terlalu lama akhirnya mengeras dan menutupi lubang telinga, ada obat atau apa yg bisa ngeluarin kotoran kupingnya itu?"
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SH,

Kotoran telinga merupakan salah satu mekanisme tubuh untuk mencegah terjadinya gangguan pada telinga seperti sebagai membersihkan saluran pendengaran, melindungi dari benda asing yang masuk telinga seperti partikel asing, miikroorganisme, juga membantu untuk menghambat pertumbuhan bakteri. Meskipun demikian, jika kotoran telinga menjadi terlalu banyak dan menumpuk maka dapat menyebabkan masalah. Kondisi ini disebut dengan istilah serumen prop atau kotoran telinga yang mengeras.

Penyebabnya sendiri beragam seperti:

  • Produksi kotoran telinga yang berlebih
  • Sering mengorek telinga menggunakan cotton bud
  • Penggunaan earphone, ear plug atau alat bantu dengar dalam waktu lama
  • Anatomi saluran telinga yang sempit 
  • Peningkatan usia

Kotoran yang mengeras juga dapat menimbulkan beberapa gejala seperti rasa gatal, nyeri telinga, infeksi telinga, memicu vertigo, penurunan kemampuan dengar ataupun juga gangguan pendengaran lainnya. Untuk mengatasinya dapat dilakukan beberapa upaya seperti dengan menggunakan tetes telinga khusus untuk melunakkan kotoran telinga, menggunakan baby oil, menggunakan gliserin atau cairan pelunak kotoran telinga lainnya. Atau juga dapat dilakukan pemeriksaan pada dokter atau dokter ahli THT agar dilakukan pemeriksaan dan juga penanganan salah satunya dengan dilakukan pembersihan saluran telinga. Semoga bermanfaat.

Salam sehatQ,

dr. Adhi P.

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia kerap mengalami gangguan pendengaran berupa telinga berdenging atau tinnitus

Penyebab Telinga Berdenging Kerap Ganggu Kesehatan Lansia

Gangguan pendengaran yang umum mengganggu kesehatan lansia adalah telinga berdenging, atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus. Cara mengatasi telinga berdengung biasanya dokter melakukan tahap awal dengan melakukan pemeriksaan pembuluh darah dan membersihkan telinga.