Kotoran telinga selalu banyak padahal baru 1 bulan dibersihkan dengan dokter

RY Info Penanya: RY, Wanita, 34 Tahun
Dokter sy mau bertnya penyebab kotoran telinga slalu bnyk pdhal bru 1 bln dibershkn dgn dokter sdh penuh lgi trkdg smpai trsa nyeri...mhn pnjlsannya dok...trma kash ...
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, RY

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kotoran telinga diproduksi oleh kulit di bagian dalam telinga. Bila kulit sedang meradang atau kering maka dia akan melumasnya. Pelumasan yang terlalu banyaklah yang mengakibatkan kotoran tersebut cepat menumpuk kembali. Apakah kulit anda cenderung berminyak atau berjerawat? Karena kulit bagian dalam telinga bisa menyerupai kulit di bagian luar terutama wajah.

Apakah sebelumnya anda dibersihkan oleh Dokter Spesialis THT? Coba kontrol kembali ke dokter tersebut dan menyampaikan problem anda. Biasanya setelah dibersihkan dokter THT akan memberi lapisan dinding telinga dengan salep anti radang untuk mengurangi iritasi dan gatal. Anda jangan mencoba membersihkan sendiri dengan cotton bud saat sedang gatal. Karena gosokan dari cotton bud malah akan membuat kulitnya semakin iritasi. Semoga penjelasan saya bermanfaat.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Lansia kerap mengalami gangguan pendengaran berupa telinga berdenging atau tinnitus

Penyebab Telinga Berdenging Kerap Ganggu Kesehatan Lansia

Gangguan pendengaran yang umum mengganggu kesehatan lansia adalah telinga berdenging, atau yang dalam istilah kedokteran disebut dengan tinnitus. Cara mengatasi telinga berdengung biasanya dokter melakukan tahap awal dengan melakukan pemeriksaan pembuluh darah dan membersihkan telinga.