Kotoran telinga mengeras harus diapakan?

SU Info Penanya: SU, Pria, 30 Tahun
Dok, mau tanya. Telinga anak (4 tahun) ada kotoran telinga yang mengeras, bagaimana cara mengeluarkannya? Kotoran 90% menutupi telinga
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Cerumen adalah kotoran yang muncul pada lubang telinga sebagai akibat kumpulan debu, lapisan-lapisan kulit mati yang bercampur dengan pelumas telinga yang pada akhirnya mengeras. Idealnya kotoran telinga ini akan keluar dengan sendirinya ketika proses mengunyah atau berbicara. Namun bila kotoran sudah menumpuk dan mengeras hingga menutupi lubang telinga tentunya harus mendapat penanganan dari dokter THT karena bila dibiarkan akan mengganggu fungsi pendengaran.

Untuk membersihkan kotoran telinga yang mengeras Anda perlu meneteskan cairan obat tetes telinga pelunak kotoran yang mengandung docusate sodium. Anda bisa membelinya di apotik tanpa resep dokter. Posisikan anak berbaring miring dan teteskan beberapa tetes dan tunggu selama 30 menit. Bila kotoran letaknnya tidak terlalu dalam, maka Anda bisa mengambilnya, namun bila lokasinya sangat dalam dan Anda tidak yakin, maka sebaiknya bawa ke dokter THT agar bisa dibersihkan dengan baik. Karena penanganan yang salah bisa menyebabkan infeksi telinga.

Hindari membersihkan telinga menggunakan cotton bud karena seringkali kotoran semakin terdorong ke dalam. Cukup bersihkan telinga dengan handuk setiap selesai mandi.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Salah satu penyebab tuli konduktif adalah penumpukan kotoran telinga

Benarkah Kotoran Telinga Jadi Penyebab Tuli Konduktif pada Lansia?

Tuli konduktif adalah salah satu gangguan pendengaran yang berisiko dialami lansia. Tuli konduktif ini menyebabkan penurunan fungsi pendengaran (hearing loss) atau ketulian (deafness).