16 Jan 2021, 09:47Pernapasan

Mengapa lendir hidung berwarna kuning?

DJ
Info Penanya: DJ0
Halo dok, saya mau tanya. Saat saya membersihkan hidung menggunakan tissue, saya sadar klo hidung sebelah kanan kotorannya berwarna kuning, sedangkan hidung sebelah kiri biasa berwarna jernih / sdkt kehitaman klo kotor. Apa penyebab kotorannya berwarna kuning? & knp hanya sebelah kanan saja? Apa hanya sekedar kotor debu, / mungkin hal yg normal, / ada penyakit yg sy perlu periksa lebih lanjut? *Hidung sy ckp kering, tdk ingusan berlebih, & tdk ada mampet. Jg sy tdk ada terkena flu. Trmksh dok
573 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, DJTerima kasih atas pertanyaannya.Hidung adalah organ penciuman.  Pada hidung terdapat kelenjar lendir yang akan memproduksi lendir ketika ada infeksi, benda asing yang masuk atau paparan udara.  Lendir hidung dibedakan berdasarkan warna dari lendir tersebut. 

Penyebab kotoran hidung yang berwarna :

  • Bening merupakan lendir yang normal terjadi sebagai perlindungan rongga hidung dan sinus.
  • Putih biasanya pada keadaan hidung tersumbat atau hidung meler. Flu biasa yang hilang dengan sendirinya menjadi penyebab lendir putih.
  • Kuning ketika salutan pernafasan terkena infeksi vakteri atau virus sehingga tubuh merespon dengan melawan infeksi tersebut. Hal inilah yang membuat lendir menjadi kuning.
  • Kehijauan ketika infeksi yang sudah parah pada hidung ataupun rongga sinus. Keluhan ini akan disertai sakit kepala,demam, dan mual.
  • Darah atau merah terjadi ketika adanya pembuluh darah hidung yang pecah karena iritasi hidung atau bersin yang terlalu kencang.
Ketika anda tidak sedang sakit atau flu, kondisi ini mungkin sudah berlangsung lama dan tidak menimbulkan gejala sehingga mengendap di rongga hidup dan mengeras menjadi kotoran.  Selama tidak ada keluhan apapun hal ini tidak perlu dikhawatirkan.

Beberapa cara untuk mencegah infeksi pada hidung :

  • Perbanyak minum air putih.
  • Jaga kekebalan tubuh dengan makan makanan bergizi.
  • Hindari membersihkan hidung dengan tangan terlalu dalam karena berisiko melukai mukosa hidung.
  • Istirahat yang teratur.
  • Hindari pajanan jika memiliki alergi.
Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr.Farah
infeksi saluran pernapasaninfeksi virusradang sinusrhinitis alergi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil