Kosmetik yang aman untuk ibu hamil

GS Info Penanya: GS, Wanita
Selamat pagi dok..Saya mau tanya dok.apakah viva cleanser bengkoang beserta toner viva aman untuk ibu hamil...Mohon jawabannya dokter.Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, GSN

Kebanyakan produk yang digunakan sehari-hari cukup aman kecuali produk yang memiliki khasiat khusus yang perlu diperhatikan. Termasuk ketika Anda sedang menyusui. Kebanyakan krim anti-aging mengandung retinoid suatu tipe vitamin A yang mempercepat pembelahan sel dan mencegah rusaknya kolagen dengan tujuan mengurangi kerutan dan memperbaiki kecerahan warna kulit. Penggunaan retinoid yang diminum berbahaya untuk bayi dalam kandungan dan bisa mengakibatkan kelainan pada janin. Untuk pelembab yang mengandung retinoid disarankan untuk tidak digunakan saat kehamilan.

Asam salisilat yang digunakan untuk banyak gangguan kulit seperti jerawat agar dapat mengeluarkan minyak dan sel mati dari pori-pori serta mengurangi peradangan. Penggunaan dalam bentuk tablet dalam dosis tinggi bisa mengakibatkan komplikasi dan kelainan pada janin. Dosis rendah pada salep dianggap cukup aman kecuali pada produk peeling wajah yang tidak disarankan.

Produk yang mengandung kedelai dapat mengakibatkan kulit wajah berwarna gelap pada ibu hamil. Krim atau gel untuk mencabut rambut dianggap aman namun kulit wanita hamil lebih sensitif terhadap alergi.

Tabir surya cukup aman, tapi tetap disarankan untuk menghindari matahari dari jam 10-14. Kebanyakan produk makeup seperti bedak, foundation, maskara, eyeliner cukup aman asal tidak mengandung retinoid atau asam salisilat.

Untuk pertanyaan Anda, sepertinya produk tersebut cukup aman namun sebaiknya Anda konfirmasi dengan melihat kandungan produk tersebut serta tanyakan kepada Dokter Spesialis Kandungan Anda untuk informasi lebih detail.

Saya lampirkan juga artikel 7 Tips Menggunakan Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil untuk informasi tambahan.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini