26 Nov 2020, 14:10Kandungan

Posisi janin melintang di usia kandungan 32 minggu

RS
Info Penanya: RS0
Selamat siang dok, saya mau tanya saya saat ini sedang hamil anak ke 2 usia kandungan 32week namun periksa ke bidan posisi janin melintang menurut bidan seharusnya diusia kandungan 32 week itu posisi kepala janin sudah dibawah, apa kehamilan saya beresiko dan dikatagorikan harus lahiran secara sc dok atau masih bisa diusahakan agar posisi janin cepat kebawah, saya juga sudah sering2 sujud mengepel merangkak dan senam2 mandiri dirumah
716 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Adhi Pasha Dwitama
(0)
Selamat siang RS,Posisi janin sungsang atau melintang adalah posisi janin yang bisa menyulitkan dan bukan tidak mungkin memerlukan operasi sesar jika tidak berubah posisinya hingga datangnya masa persalinan. Untuk kandungan 32 minggu masih bisa terjadi perubahan posisi janin, perubahan posisi janin bisa terjadi secara alami maupun dengan bantuan.Beberapa caranya diantaranya adalah:
  • Metode alami dengan posisi tertentu seperti posisi breech tilt, stimulasi dengan musik, pemijatan ringan
  • Metode medis
Penanganan dengan metode medis untuk posisi janin melintang, perlu dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan, nantinya dokter dapat melakukan tindakan untuk mengubah posisi janin yaitu dengan istilah versi luar atau external version.Versi luar sendiri memiliki beberapa syarat untuk bisa dilakukan seperti  usia kehamilan 34-38 minggu, berat badan ibu hamil, janin sehat dan dapat lahir normal, selaput ketuban harus utuh, dan beberapa syarat lainnya. Untuk itu segera periksakan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Adhi P.
persalinanposisi janinsungsang
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil