23 Jun 2021, 15:24Jantung

Kapan seharusnya pasien jantung kontrol pasca perawatan?

AN*
Info Penanya: AN*0
dok, saya ingin bertanya mengenai kontrol pasien jantung (CHF) post perawatan di rumah sakit. kira-kira adakah penetapan waktu kontrol untuk pasien setelah lepas rawat?
123 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat sore, RR                Terima kasih atas pertanyaannya.Congestive heart failure (CHF) atau gagal jantung adalah kondisi dimana otot jantung tidak dapat memompa darah dengan maksimal sehingga akan timbul keluhan seperti sesak napas, nyeri dada0 mudah lelah, bengkak di kaki, denyut jantung tidak normal, batuk lama dan keluhan lainnya.  Ketika gejala gagal jantung ini muncul memang memerlukan pemeriksaan dan pengawasan ketat di rumah sakit guna mencegah adanya keparahan di jantung hingga serangan jantung.    

Tindakan yang dilakukan di rumah pada pasien jantung :

  • Jaga asupan makan dengan mengurangi makanan yang tinggi garam, gula, tinggi lemak, MSG, pemanis buatan, makanan yang diproses, instan, cepat saji dan kafein.
  • Kelola stres dan cemas dengan meditasi atau lebih rileks.
  • Olahraga ringan contohnya jalan santai 20 menit.
  • Konsumsi obat sesuai anjuran dokter.
  • Kontrol rutin untuk evaluasi obat dan keluhan.
Jadi waktu kontrol pasien dengan penyakit jantung tergantung pada anjuran dokter spesialis jantung yang merawat.  Umumnya pasca rawat inap akan mendapatkan surat untuk kontrol seminggu setelah pulang yang kemudian selanjutnya kontrol bisa dilakukan per 2-3 minggu atau perbulan.  Ada kemungkinan pula ada perbedaan waktu di masa pandemi ini.  Untuk itu anda dapat konfirmasi ulang dengan dokter atau rumah sakit tempat pasien dirawat mengenai prosedur kontrol rutin pasien jantung.Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
makanan sehatsakit jantunggagal jantungpola hidup sehat
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil