Apakah kelebihan dari suntik KB?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Dok sya baru pertama kali kb dan saya pilih kb 3 bulan sekali karna menyusui, nah saya baru kb tgl 7 kemarin dan di tgl 14 suami ngajak berhubungan dan keluar di dalam , waktu kb belum haid, apakah kemungkinan bisa hamil dok ?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Keluarga berencana adalah proram dari pemerintah dengan tujuan untuk membatasi jumlah penduduk dengan cara menekan angka kelahiran. Untuk mendukung berhasilnya program tersebut perlu adanya berbagai macam alat kontrasepsi yang bisa digunakan. Salah satu jenis alat kontrasepsi tersebut adalah suntik KB.

Suntik KB terdiri dari 2 macam, yaitu suntik KB 1 bulan dan suntik KB 3 bulan. Keduanya dibedakan berdasarkan dari kandungan hormon yang terdapat didalamnya. Apabila dilakukan dengan rutin dan sesuai dengan jadwalnya, efektifitas suntik KB dalam menunda kehamilan bisa mencapai 99%, yang mana hanaya ada kemungkinan 1% untuk gagal atau terjadi kehamilan. Namun, semakin tidak rutin atau sering terlewat jadwalnya, maka peluang terjadinya kehamilan juga semakin besar.

Adapun beberapa kelebihan dari suntik KB adalah:

  • Bisa bertahan lama tergantung jenisnya (8-13 minggu)
  • Tidak perlu menggunakan alat kontrasepsi lain saat sedang melakukan hubungan seksual
  • Tidak perlu menghitung masa subur saat akan melakukan hubungan seksual
  • Tidak perlu mengonsumsi pil KB setiap hari
  • Tidak bereaksi dengan obat lain
  • Bisa mengurangi nyeri ketika sedang menstruasi

Selain kelebihannya, terdapat pula beberapa kekurangan dari suntik KB diantaranya adalah siklus menstruasi menjadi tidak teratur, nyeri dan iritasi pada area suntikan, nafsu makan meningkat, munculnya jerawat, naiknya berat badan dan lain sebagainya.

Apabila Anda rutin melakukan suntik KB (tidak pernah terlambat jadwalnya) maka tidak perlu khawatir akan terjadi kehamilan. Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa efektifitasnya bisa mencapai 99% menunda kehamilan apabila Anda melakukan suntik KB secara rutin dan sesuai dengan jadwal suntiknya.

Tetaplah mengonsumsi makanan sehat bergizi, hindari stres dan keleleahan, usakahakan untuk menjaga kebersihan area kewanitaan, dan cukkupi kebutuhan cairan harian Anda. Apabila terdapat keluhan terkait alat kontrasepsi, atau siklus menstruasi atau adanya keluhan terkait dengan organ reproduksi wanita, periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

manfaat anal sex tidak sebanding dengan risikonya

Masih Tabu dan Kontroversial, Adakah Manfaat Anal Sex?

Terlepas dari pembahasan soal hukumnya secara agama, ada banyak orang yang penasaran dengan seks anal atau anal sex. Ada yang menyebut salah satu manfaat anal sex – atau kelebihannya – adalah bisa menyebabkan orgasme dengan cara yang jauh berbeda. Penyebabnya tak lepas dari banyaknya saraf sensitif di anus dan terhubung ke organ seksual.