Kontrasepsi Paska Berhubungan

SF Info Penanya: SF, Pria, 2019 Tahun
Dok saya ingin bertanya saya dan istri baru saja menikah bberapa hari sudah berhubungan .. Namun istri belum mau memiliki momongan dlu. Nah setelah 24 jam ia minum pil kb andalan ... Apakah bisa mengurangi persentase kehamilan dok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SF.

Paska berhubungan ada tipe kontrasepsi yang disebut emergency contraception. Metode ini digunakan untuk kondisi khusus dan tidak dapat digunakan secara rutin karena efek samping seperti mual, muntah dan pusing yang lebih dari biasanya. Kondisi misalnya paska hubungan badan yang tidak aman, kondom yang rusak atau lepas.

Namun metode ini tidak dapat mengakhiri kehamilan yang sudah terjadi hanya menunda kesuburan pada perempuan. Ada 2 tipe yang dapat digunakan dengan pil atau IUD. Dengan tingkat efektivitas dalam waktu kurang dari 1 minggu. Paling baik dalam 24-48 jam paska berhubungan yang tidak aman.

Sebaiknya diskusikan dengan Dokter Spesialis Kandungan segera untuk metode ini dan selanjutnya menggunakan metode kontrasepsi yang biasa.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil

Diskusi Terkait di Forum

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Membuat kalender masa subur sendiri tidaklah sulit

Bikin Kalender Masa Subur Ternyata Mudah, Ini Caranya

Tidak sulit membuat kalender masa subur sendiri. Dengan menetukan masa subur, peluang Anda untuk hamil akan semakin besar.