06 Feb 2021, 22:45Kandungan

Apa efek samping pil kontrasepsi darurat?

L
Info Penanya: L, Wanita0
Saya perempuan usia 24th dgn siklus menstruasi yg kurang teratur. Sekitar 3bln yg lalu saya berhubungan dgn pasangan saya lalu keesokannya saya mengonsumsi kontrasepsi darurat. Seminggu kemudian sempat mengalami pendarahan slm 4hari lalu stlh sebulan baru menstruasi tetapi setelah itu hingga skr menstruasi saya jadi jauh lebih sakit tapi siklusnya teratur. Sampai sekarang juga panggul kiri dan payudara kanan sering terasa nyeri. Apakah ini efek samping dari pil kondar yg sy konsumsi itu ya dok?
397 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Sylvia V
(0)
Selamat pagi, L.Pil kontrasepsi darurat, sesuai namanya, adalah pil yang difungsikan untuk mencegah kehamilan dalam kondisi 'darurat'. Misalnya, lupa mengonsumsi pil rutin, atau mengalami kebocoran kondom. Mengandung levonorgestrel, pil kontrasepsi darurat dapat mengubah hormon alami tubuh, sehingga 87-90% mungkin mencegah kehamilan apabila dikonsumsi maksimal 72 jam setelah berhubungan.Tapi, pil kontrasepsi darurat memang memiliki efek samping, yang timbul dari perubahan hormon alami tubuh tersebut. Beberapa gejala yang dirasakan tubuh adalah:
  • siklus menstruasi yang berubah
  • sakit kepala
  • nyeri pada payudara atau perut
  • lemas 
  • perubahan nafsu makan
Akan tetapi, biasanya efek samping ini hanya dirasakan maksimal satu bulan setelah konsumsi. Apabila Anda sudah mengonsumsi pil ini tiga bulan yang lalu, namun saat ini masih merasakan beberapa gejala tersebut, kemungkinan ada faktor lainnya.Tidak teraturnya siklus menstruasi yang disertai dengan nyeri pada bagian tubuh tertentu juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Mengingat bahwa Anda sudah mengalami ketidakteraturan menstruasi sejak dulu, maka mungkin saja memang hormon Anda yang tidak seimbang.Saat ini, coba lakukan olahraga rutin 3-5 kali seminggu, kemudian pastikan juga waktu istirahat Anda pada malam hari berkisar antara 7-9 jam. Konsumsi makanan bergizi seimbang, hindari junk food dan minuman yang tinggi gula. Untuk memastikan, dianjurkan juga melakukan pemeriksaan langsung ke dokter kandungan ya. Semoga bermanfaat. Salam sehat,
dr Sylvia
haidpenggunaan kbkontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil