Kontrasepsi darurat dan siklus haid

MZ Info Penanya: MZ, Pria, 2019 Tahun
Pagi dok. Saya mw tanya. Kami berhubungan intim pda tgl 4 juli. Dan tgl 5 istri saya minum kondar.Kmudian tgl 18 juli istri haid 6 hari. Kemudian harusnya haid tgl 18 agustus. Mengingat siklus haid nya 32 hari. Tp sampe tgl 24 agustus blm kunjung haid. Apakah ini efek kondar. Setelah saya test pack. Hasilnya negatif. Mohon penjelasan apakah normal efek kondar
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, MZ

Terima kasih atas pertanyaannya.

Kontrasepsi darurat biasanya efek samping mual, pusing atau nyeri kepala berkali-kali lipat dari minum kontrasepsi secara normal tiap harinya. Namun efek itu hanya berlangsung beberapa hari dan tidak sampai 1 bulan lebih. Tapi jangan sering-sering digunakan ya karena sangat tidak menyenangkan untuk pasangan. Bisa bete berkepanjangan dengan anda.

Siklus haid normal adalah 28 hari dan memiliki variabilitas selama 1 minggu yaitu 21-35 hari yang masih bisa dibilang normal. Karena siklus dipengaruhi oleh hormon, hormon dipengaruhi oleh banyak hal pada wanita. Bisa stres, lelah atau sedang tidak mood saja. Bila ingin kontrasepsi namun tidak disiplin untuk minum pil tiap hari. Bisa menggunakan metoda kontrasepsi suntik atau yang lainnya.

Salam Sehat,

dr. Andre Zaini