Kontraksi pada usia kehamilan 18 minggu

M Info Penanya: M, Wanita, 28 Tahun
Malam dok Saya ingin bertanya saya menglami kontraksi pd usia kehamilan 18 minggu dan saya dpt obat hystolan tp smpe skrg nyeri itu msh ada.. sdh 3 hari jika dibanding dgn 0bat ini gmna yah bagusnya yg mana dok Utrogestan.. tolong bantuannya.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore M,

Nyeri perut yang timbul saat hamil dapat timbul karena beragam penyebab seperti diantaranya adalah:

  • Gangguan pencernaan seperti penyakit maag, infeksi saluran cerna, sembelit, efek makanan tertentu
  • Gangguan pada saluran kemih seperti infeksi saluran kemih, batu pada saluran kemih
  • Gangguan pada saluran reproduksi
  • Perubahan hormonal
  • Penekanan perut karena rahim dan janin yang makin membesar
  • Kehamilan diluar rahim
  • Risiko ancaman keguguran

Obat yang diberikan sendiri merupakan obat dengan kandungan isoxsuprine yang digunakan untuk melebarkan pembuluh darah dan mencegah kontraksi dari rahim dengan memberi efek relaksasi pada otot polos rahim. Sedangkan obat lain yang Anda sebutkan merupakan obat dengan kandungan hormon progesteron untuk memelihara sel telur yang dibuahi, penguat kandungan dan juga digunakan untuk gangguan menstruasi.

Jika sudah 3 hari masih tetap merasakan nyeri perut atau kontraksi sebaiknya kembali dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan agar dipastikan penyebabnya. Jika timbul nyeri perut bawah hebat, keluar flek atau perdarahan, keluar cairan dari kemaluan, demam, sakit punggung atau kram hebat segera periksakan diri pada fasilitas kesehatan terdekat. Upayakan lebih banyak beristirahat, tidak melakukan aktivitas fisik berat, makan-makanan bergizi, kelola stres, dan hindari paparan rokok, alkohol dan zat berbahaya lainnya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat, 

dr. Adhi P.

(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Denyut nadi yang rendah pada bayi, dapat menjadi salah satu tanda asfiksia neonatorum

Ketahui Penyebab Asfiksia Neonatorum pada Bayi

Asfiksia neonatorum terjadi ketika bayi tidak mendapatkan cukup oksigen selama proses persalinan. Asfiksia neonatorum berat dapat memicu terjadinya kelainan akibat cedera otak, atau hipoksia-iskemik ensefalopati.