12 Jun 2021, 16:10Kandungan

Apakah pil postinor efektif dikonsumsi setelah lewat 24 jam berhubungan ?

AR
Info Penanya: AR0
Sore dok,,saya bingung cara meminum pil KB darurat(postinor 2) Apakah bisa diminum setelah lebih dari 24 jam berhubungan? Krn saya baru Nemu obat nya dok,mohon dijawab dok terimakasih
54 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Selamat sore, A.Pil KB darurat menjadi salah satu pilihan bagi pasangan yang terlanjur berhubungan seksual tetapi takut akan kehamilan dimana wanita dan pria tanpa menggunakan kondom, tidak minum pil KB, lupa jadwal suntik KB ulang, belum ingin mempunyai anak, terlalu banyak anak, atau hubungan seksual dilakukan oleh pasangan yang belum menikah. 

Bagaimana cara konsumsi pil KB darurat ?

Cara konsumsi pil KB darurat atau disebut dengan pil postinor, diminum 1 tablet segera setelah Anda berhubungan dan maksimal 72 jam setelah hubungan intim terjadi. Tablet kedua Anda minum dengan jarak 12 jam setelah tablet pertama. Namun jika sudah lebih dari 72 jam maka efektifitas pil KB darurat akan menurun.Tetapi walau efektif dalam mencegah pembuahan, tidak menutup kemungkinan kehamilan dapat terjadi, bisa karena pil KB darurat dalam kondisi tidak baik, cara salah konsumsi obat, hormon berkerja tidak optimal. Untuk itu, lakukan test pack saat Anda telat datang bulan.Efek samping dari pil KB darurat bisa terjadi lebih besar dibanding pil KB biasa, sehingga tidak disarankan penggunaan jangka panjang. Pilih dan gunakan segera alat kontarepsi lainnya jika hasil test pack Anda negatif dan konsultasi ke dokter kandungan jika ada keluhan dari efek pil KB darurat seperti mual, muntah, nyeri perut, dan gangguan siklus haid.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari. 
hubungan seksualtes kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil