29 Jan 2019, 02:10Jantung

Konsumsi obat Xarelto 20 mg

JG
Info Penanya: JG, Pria, 65 Tahun
Dear Dokter, Saya mau bertanya tentang obat Xarelto 20 mg. Penyakit saya cuma Tekanan Darah Tinggi sudah 30 tahun dan kontinue minum obat setiap hari. Saat ini saya minum : Bloopress 8 mg dan Concor 5 mg. Dokter jantung saya menyarankan kontinue minum Xarelto karena diyakini sebagai obat anti stroke, coroner dan DVT. Saya rutin check jantung tapi tidak punya riwayat sakit jantung. Apa memang obat Xarelto perlu saya minum? Terima kasih.
45148 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  Tim Dokter Sehatq
(0)
Dear Bapak JG,Pemakaian obat golongan antikoagulan khususnya Rivaroxaban dengan nama paten Xarelto adalah berhubungan dengan Atrial Fibrilasi (AF) yang merupakan bentuk aritmia jantung yang paling sering dijumpai dan dihubungkan dengan keadaan pro-trombotik akibat turbulensi aliran darah pada atrium yang pada akhirnya menyebabkan terbentuknya emboli. Kondisi ini sering dijumpai pada penderita hipertensi.Emboli yang terbentuk akibat AF yang berkepanjangan perlahan akan dibawa ke aliran darah di otak yang dapat mengakibatkan stroke. Risiko terjadinya stroke pada kasus AF 1,5 % pertahun pada usia 50-59 tahun dan sebanyak 23,5 % pada usia 80-89 tahun.

Jadi Bapak sebaiknya tetap minum obat antihipertensi dan anatikoagulan sesuai dengan petunjuk dokter yang merawat.Pengobatan menyeluruh untuk Hipertensi sebaiknya mulai diperhatikan dan dijalankan yaitu tidak hanya minum obat tertatur tapi juga menghindari faktor pemberat, pencetus dan komplikasi penyakit. Untuk itu adalah penting untuk mulai langkah sehat dengan menurunkan berat badan ke berat badan ideal yaitu 72 Kg.Penurunan berat badan dapat dilakukan dengan panduan yang sudah kami posting beberapa kali di forum ini. Dan yang utama adalah batasi penurunan normal hanya 0,5kg sampai 1 kg dalam 2 minggu dan kontinyu dipertahankan.Mulailah melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki dan berenang sesuai kemampuan Bapak. Bila telah tercapai berat badan ideal maka diharapkan dosis obat akan dapat dikurangi dan bahkan jenis obat juga akan dibatasi.Salam Sehat
penyakit jantungsakit jantunghipertensi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil