Konsumsi alkohol setelah hubungan intim, apakah bisa hamil?

L Info Penanya: L, Wanita, 33 Tahun
Dokter, tanggal 5 kemarin saya berhubungan intim, lalu tanggal 6 dan 7 saya minum anggur merah orang tua dok, Kira-kira brapa persen untuk adanya kemungkinan saya hamil dok? Saat berhubungan intim saya sedang ada di masa subur.
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang L,

Alkohol adalah salah satu minuman yang seringkali diminum untuk memberikan efek menyenangkan sehingga bisa menghilangkan stres, namun bila diminum secara berlebihan maka akan menimbulkan masalah seperti gangguan lambung, kanker hati, dan mempengaruhi perkembangan janin bila Anda sedang hamil.

Perihal bisakah hamil bila setelah berhubungan seksual di masa subur Anda meminum alkohol, maka tentu bisa saja terjadi kehamilan, karena saat masa subur sel telur dilepaskan dan siap dibuahi oleh sperma. Sehingga bila Anda berhubungan seksual di masa subur dan dilakukan ejakulasi di dalam maka besar kemungkinan terjadinya kehamilan. Dan proses pembuahan ini tidak bergantung atau tidak dipengaruhi oleh konsumsi alkohol. Dalam artian alkohol tidak bisa mencegah kehamilan, namun bisa menyebabkan janin mengalami kecacatan.

Bila Anda tidak siap hamil, maka sebaiknya gunakan KB atau kondom ketika berhubungan seksual dan hindari berhubungan seksual di masa subur. Anda bisa memilih berbagai kontrasepsi seperti pil KB, suntik KB, implan, atau IUD.

Dan sebaiknya hindari konsumsi alkohol secara berlebihan untuk menjaga kesehatan Anda. Serta lakukan tes pack bila nantinya Anda mengalami terlambat haid. Lakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah sering bereaksi dan bergerak aktif

Kenali Ciri Bayi Sehat dalam Kandungan Usia 8 Bulan

Ciri bayi sehat dalam kandungan usia 8 bulan adalah aktif dan bergerak dengan pola teratur. Selain itu, sensitivitas pendengarannya terus meningkat dan kepala bayi juga mulai turun ke arah jalan lahir.