17 Feb 2021, 15:30Kandungan

Suntik KB apakah dapat menyebabkan gangguan menstruasi?

DD
Info Penanya: DD0
maaf dok ganggu,saya mau tanya dok,saya habis lahirn tanggal 20 juli 2020,dan saya melakukan suntik KB tanggal 20 oktober 2020 dan habis KB saya haid 1 bulan full,tapi saya melakukan KB lagi tanggal 10 januari 2021 tapi ko dok saya sampe sekarang belum haid lagi dah tanggal 17 febuari 2021 makasih dok???
254 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Aisyah Nur Ramadhani
(0)
Selamat pagi DD,Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.Suntik KB merupakan salah satu jenis suntik KB yang banyak di pilih oleh masyarakat Indonesia. Suntik KB terbagi menjadi 2 jenis yaitu suntik KB 1 bulan dan 3 bulan. Kedua jenis Suntik KB tersebut sama-sama memiliki kandungan hormonal sehingga dapat menyebabkan beberapa efek samping.

Beberapa efek samping KB yang mungkin saja timbul :

  • Membuat jerawat
  • Berat badan berlebihan
  • Gangguan mood
  • Gangguan menstruasi, bisa menstruasi yang berkepanjangan atau tidak menstruasi sama sekali
  • Berisiko terkena osteoporosis
Sehingga pada keterangan yang Anda berikan, gangguan menstruasi yang Anda alami bisa karena efek Suntik KB yang Anda alami. Anda tidak perlu khawatir jika efek suntik KB tidak menganggu aktifitas Anda. Namun jika efek samping yang di timbulkan hingga menganggu aktifitas, sebaiknya konsultasikan lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan untuk dilakukan konsultasi lebih lanjut apakah perlu untuk mengganti alat kontrasepsi yang Anda gunakan. Anda juga bisa berkonsultasi secara online ke dokter kandungan.Semoga bermanfaat,Salam sehat,dr. Aisyah
penggunaan kbmerencanakan kehamilankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil