12 Sep 2021, 06:58Kandungan

Tidak haid 1 tahun setelah lepas KB suntik

FS
Info Penanya: FS0
Selamat pagi pak/ibu dokter saya mau bertanya saya habis kb suntik 3bln tidak bisa haid" sampai saya lepas kb dalam 1tahun juga blom bisa haid dokter.itu bisa kenapa ya dok??
88 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Elsinda Eka Sari
(0)
Selamat siang, FS.Menstruasi merupakan siklus bulanan yang terjadi pada kaum wanita semenjak pubertas hingga nanti saat terjadi menopause. Menstruasi menandakan siklus kesuburan seorang wanita, namun bila hal ini terganggu tentunya menjadi kekhawatiran bagi para wanita. Hal-hal apa saja yang dapat mengganggu siklus menstruasi?

Penyebab terganggunya siklus menstruasi :

  • Ketidakseimbangan hormonal. Contoh dikarenakan penyakit kelenjar tiroid.
  • Pola hidup tidak sehat. Kondisi obesitas, diet ekstrim, stress berlebihan.
  • Sedang hamil dan menyusui
  • Penggunaan kontrasepsi hormonal
  • Kelainan pada rahim
Berdasarkan kondisi yang anda keluhkan hal ini disebabkan oleh kontrasepsi. Sebelum mengenal lebih jauh, kontrasepsi terbagi menjadi 2 jenis yaitu kontrasepsi hormonal dan non hormonal. Kontrasepsi non hormonal berupa IUD atau lebih dikenal dengan spiral, kondom, tubektomi (pengikatan kandung telur). Sedangkan KB hormonal terdiri dari, pil, suntik, implan.Kontrasepsi hormonal sudah sangat umum memiliki efek menyebabkan siklus menstruasi yang tidak teratur. Hal ini sangat normal, bahkan saudara bisa tidak mengalami siklus menstruasi sampai 12 bulan berikutnya.Bila kondisi ini memang sudah sangat dirasa mengganggu maka sangat disarankan untuk memeriksakan diri lebih lanjut kepada dokter spesialis kandungan terkait masalah hormonal tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.Salam sehat,dr. Elsinda
siklus haidkontrasepsihormon
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil