14 Aug 2021, 23:58Kandungan

Nyeri perut dan keluar gumpalan darah apa penyebabnya?

EA
Info Penanya: EA0
Dok.. hari ini perut bagian bawah sakit hingga ke anus dan pinggul bahkan juga sempet mengeluarkan gumpalan darah.. dan itupun serung terjadi pada setiap bulannya.. padahlakn saya sudah haid.. knpa ya dok.. terimakasih?
508 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat pagi EA,Sakit perut tentunya tidak bisa disepelekan karena di dalam perut terdapat berbagai macam organ-organ tubuh terlebih pada wanita yang juga memiliki organ reproduksi. Jika keluhan sakit perut bagian bawah disertai dengan keluarnya gumpalan darah dari vagina, maka berarti masalahnya terletak pada organ reproduksinya.

Penyebab keluar gumpalan darah dari vagina:

  • Mioma uteri. Kecenderungan akan keluar darah di luar siklus haid dan bergumpal-gumpal tanpa disertai rasa nyeri.
  • Perdarahan uterus disfungsional.
  • Adenomiosis.
  • Efek samping KB. Kandungan hormon didalam KB biasanya akan mengganggu keseimbangan hormon di dalam tubuh sehingga siklus haid menjadi tidak teratur.
Yang perlu dilakukan adalah banyak makan sayur dan buah, minum suplemen zat besi agar jangan sampai terjadi anemia, banyak minum air putih. Jika keluar darah jangan berhubungan seksual agar tidak memicu terjadinya infeksi. Kompres bagian perut yang sakit menggunakan air hangat.Jika keluhan terus berlanjut maka sebaiknya Anda segera melakukan USG ke dokter kandungan untuk memastikan penyebabnya karena tentunya tidak bisa dibiarkan.Salam sehat,dr. Vina
mioma uteripenggunaan kbperdarahan
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil