11 Jul 2021, 14:20Mata

Mengapa mata silau berlebihan melihat cahaya matahari?

LL
Info Penanya: LL0
Selamat siang dok, saya memiliki keluhan mata yg selalu silau berlebihan ketika melihat cahaya/sinar matahari terlalu terang. Saya searching di google bahwa saya memiliki ciri2 fotophobia. Bagaimana ya dok cara menyembuhkannya? Saya sudah mulai tidak nyaman dan sangat terganggu. Apakah dgn salep cendo dpt terobati dan jg sering meminum jus wortel dpt membantu menyembuhkan penyakit saya? Terima kasih
441 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Pany
(0)
Selamat pagi LLPada dasarnya saat melihat cahaya yang sangat terang apalagi melihat matahari tentunya secara refleks mata akan menyipit atau bahkan terpejam untuk menghindari kelebihan cahaya yang masuk ke mata. Saat adanya perubahan dari ruangan gelap ke ruangan yang terang juga mta memerlukan adaptasi.

Penyebab Fotofobia

Pada fotofobia didapatkan gejala dimana mata nyeri, perih, terasa terbakar atau gatal saat melihat cahaya yang terang. Kondisi ini merupakan suatu gejala dari penyakit tertentu. Penyebabnya bisa karena:
Penggunaan salep mata tergantung dari penyebab penyakit yang harus berdasarkan anjuran dokter. Sedangkan mengkonsumsi jus wortel adalah baik untuk kesehatan karena mengandung berbagai vitamin dan mineral serta antioksidan untuk regenerasi sel-sel tubuh.

Menangani Fotofobia

Untuk menangani fotofobia adalah dengan menghindari cahaya-cahaya yang terlalu terang, menggunakan kacamata hitam saat di luar ruangan dan meneteskan air mata buatan pada mata yang kering serta menjaga kebersihan mata dan tidak menguceknya. Namun bila dirasakan pusing, perih, nyeri, panas dan gatal di mata yang menetap atau tidak hilang-hilang dan sangat mengganggu maka periksakan diri ke dokter spesialis mata.Semoga bermanfaat Salam sehatdr. Pany 
kesehatan matapenyakit matamata keringsaraf matagangguan mata
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil