24 May 2021, 21:54Kandungan

Kenapa sudah tidak stres tetap belum haid?

HS
Info Penanya: HS0
Dok saya sudah terlambat haid 4bulan , terakhir saya haid dari bulan januari , sebenernya saya tahu penyebabnya saya tidak haid karena stress berat , tapi saya sudah berusaha rilexs tidal stres kok tetep belum keluar ya dok ?
43 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat malam, HSTerima kasih atas pertanyaannya.Haid itu siklusnya 21-35 hari sekali sehingga bila tidak haid lebih dari 90 hari atau 3 bulan dinamakan sebagai amenorea.  Amenorea termasuk pada salah satu gangguan siklus haid.  Umumnya kondisi dipengaruhi oleh hormonal yang kurang stabil. 

Penyebab tidak haid lama :

  • Obesitas atau badan terlalu kurus.
  • Penggunaan KB, kehamilan serta menyusui pada wanita berkeluarga.
  • Stres dan cemas berlebihan.
  • Kelainan di rahim.
  • Usia puber atau menjelang menopause.
  • Kelelahan dan sering begadang.
Terkait yang anda tanyakan, tidak haid bisa karena stres tetapi juga bisa karena faktor lain seperti yang sudah dijelaskan.  Jadi jika belum haid juga dan sudah lebih dari 3 bulan ada baiknya periksa ke dokter spesialis kandungan untuk pemeriksaan rahim guna diketahui tidak haid anda karena masalah hormonal tidak stabil atau terdapat gangguan di rahim. Sementara ini jaga berat badan seimbang, istirahat cukup, hindari makanan dan minuman tinggi gula, pengawet, pemanis buatan dan berkafein, olahraga teratur serta hindari stres dan begadang untuk bantu menjaga hormonal stabil dan melancarkan siklus haidSemoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah 
siklus haidhaidgangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil