05 May 2021, 13:21Kandungan

Apa mungkin bisa hamil?

AS
Info Penanya: AS, Wanita, 32 Tahun
Assalamualaikum dok,saya suntik KB yg 1 bln,tgl kmbali tgl 10,haid awal bln mpe tgl 6 trus berhubungan ditgl 7,apakah bs hamil dok??
76 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Vina Liliana
(0)
Selamat sore AS,KB perlu digunakan secara teratur untuk hasil yang efektif mencegah kehamilan. Bila Anda selesai haid langsung berhubungan seksual maka artinya Anda berhubungan seksual di luar masa subur sehingga kemungkinan untuk terjadinya kehamilan sangat kecil atau hampir tidak ada. Terlebih Anda sudah menggunakan KB.Kehamilan besar kemungkinannya terjadi bila Anda berhubungan seksual di masa subur tanpa menggunakan kondom atau KB apapun. Namun perlu Anda ketahui bahwa efek samping penggunaan KB bisa membuat pemakainya mengalami terlambat haid sehingga dianggap sebagai tanda awal kehamilan. Bila Anda ragu maka Anda bisa melakukan tes pack untuk memastikan sedang hamil atau tidak. Namun lakukan tes pack bila sudah 1 minggu terlambat haid.

Tips mencegah kehamilan yang efektif:

  • Rutin suntik KB sesuai dengan jadwalnya baik Anda sedang haid atau tidak.
  • Hindari berhubungan seksual di masa subur.
  • Gunakan kondom bila masih ragu.
Lakukan konsultasi dengan dokter kandungan bila ada hal yang kurang Anda pahami. Jalankan pola hidup sehat seperti rutin berolahraga, banyak makan sayur hijau, dan tidak bergadang untuk mengurangi efek samping akibat pemakaian KB.Salam sehat,dr. Vina
hubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil