22 Feb 2021, 19:45Kandungan

Terlambat suntik KB, melakukan seks, apa bisa hamil?

LI
Info Penanya: LI0
Mlm dok..mo tanya.sy kan suntik kb yang 1 bln.trus sy terlambt untk suntk slama 5hr.hr k 5 itu sy berhubungn intim sm suami..apakh sy bs hamil dok..tolong d jawb dok.karn sy panik bgt?
293 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Dwiana Ardianti
(0)
Selamat pagi, LTerima kasih atas pertanyaan AndaMenggunakan suntik KB adalah salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pasangan suami istri yang berencana menuda kehamilan. Penggunaan suntik KB ini cukup efektif dan memiliki efektivitas mencapai 99% dalam mencegah kehamilan apabila dilakukan secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang sudah di tentukan. Sehingga, semakin tidak rutin maka efektivitas dari pemakaian suntik KB ini menurun dan peluang untuk terjadi kehamilan semakin besar.

Terlambat suntik KB dan melakukan seks, apa bisa hamil?

Terkait dengan apa yang terjadi pada Anda, apabila Anda terlambat suntik KB dan melakukan hubungan seksual dengan pria berejakulasi di dalam vagina, maka ada kemungkinan untuk bisa terjadi kehamilan. Oleh karena itu, sebaiknya sebelum Anda melakukan suntik KB kembali alangkah baiknya lakukan tes kehamilan dahulu untuk memastikan apakah Anda sedang hamil atau tidak. Apabila Anda terlambat suntik KB alangkah baiknya menggunakan alat kontrasepsi lain seperti kondom bila ingin menunda kehamilan. Selain itu, pastikan Anda melakukan suntik KB secara rutin dan sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan agar mendapatkan manfaat dan efektivitas suntik KB dengan baik.Tetap jaga kebersihan area kemaluan, konsumsi makanan yang bergizi, hindari stres dan kelelahan, mengonsumsi buah dan sayur, minum air cukup dan hindari seks bebas atau bergonta-ganti pasangan agar tidak tertular penyakit menular seksual. Lakukan pemeriksaan ke dokter spesialis kandungan untuk tatalksana lebih lanjut.Semoga bermanfaat.Salam sehat, dr. Dwiana A
hubungan sekshubungan seksualhamilpenggunaan kb
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil