24 Dec 2020, 07:23Kandungan

Penyebab telat datang bulan saat menyusui anak

KK
Info Penanya: KK0
Dok saya busui dan baru mens stelah melahirkan itu kmaren tgl 12 November ketika anak saya usia 13bulan dan sekarang anak saya 14bulan, Pertnyaan nya saya belom mens lagi sudah telat 14hari tidak kb klo berhubungan dikeluarkan ny diluar,sempat tespek negatif apa saya harus tespek lagi atau gmana dok??ini kenapa ya dok ko ga mens?
1101 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo K,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Saat setelah melahirkan banyak wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi terlebih jika wanita tersebut menyusui bayi selama 6 bulan, karena merasa masih dalam masa yang tidak subur untuk hamil kembali. Padahal setiap wanita yang mengalami ovulasi dapat terjadi kehamilan, meski ejakulasi dilkukan dil luar vagina. Proses ovulasi ini rata-rata terjadi 2 minggu sebelum menstruasi datang. Proses ovulasi juga dapat dilihat melalui pemeriksaan USG. Tanda seorang wanita sedang mengalami ovulasi yaitu badan terasa lebih hangat namun tidak terjadi demam atau infeksi lainnya, gairah seksual yang meningkat, muncul keputihan encer berwarna bening tanpa disertai rasa gatal dan bau.

Penyebab telat datang bulan saat menyusui anak

Penyebab telat datang bulan saat menyusui anak antara lain :
  • Ketidakseimbangan hormon karena proses menyusui.
  • Kelelahan akibat mengurusi anak dan pekerjaan rumah tangga sehingga metabolisme tubuh termasuk hormon menjadi terganggu.
  • Berat badan yang tidak ideal baik kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan dapat mengganggu fungsi hormon.
  • Kehamilan dapat menyebabkan datang bulan terhenti karena adanya penempelan janin pada rahim dan hormon kehamilan yang tinggi yaitu HcG melindungi kehamilan dari kontraksi rahim, maupun peluruhan rahim.
Jika Anda ingin menunda kehamilan karena usia anak yang masih kecil yaitui 14 bulan, sebaiknya Anda menggunakan alat kontrasepsi seperti alat kontrasepsi non hormonal yaitu kondom dan IUD, ataupun alat kontrasepsi hormonal yang tidak mengganggu produksi ASI. Telat datang bulan yang Anda alami jika sudah lebih dari siklus mentruasi normal yang ada yaitu 21 hari sampai 35 hari, maka perlu dilakukan pemeriksaan urin menggunakan test pack. Pemeriksaan test pack ini dapat memberikan hasil yang negatif jika hormon kehamilan belum terlalu meningkat di urin, sehingga perlu diulang hingga 2 minggu setelah pemeriksaan pertama.Semoga bermanfaat.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
merencanakan kehamilantes kesuburankontrasepsi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil