16 Dec 2020, 18:43Penyakit Lainnya

Penyebab muntah darah yang terjadi pada seseorang

KO
Info Penanya: KO0
Muntah darah
848 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Lidya Hapsari
(0)
Hallo K,Saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda.Muntah adalah salah satu reaksi tubuh saat kuman dan bakteri masuk ke saluran pencernaan. Agar kuman dan bakteri ini tidak menginfeksi tubuh, maka tubuh berusaha untuk mengeluarkannya salah satunya dengan muntah. Selain itu muntah dapat terjadi akibat masalah pada lambung dimana asam lambung yang dihasilkan terlalu banyak, mencetuskan rasa mual, dan muntah, lidah, dan mulut pun terasa asam. 

Penyebab muntah darah yang terjadi pada seseorang

Saat terjadi muntah darah, maka dipastikan terlebih dahulu apakah sebelum muntah diawali dengan mual atau tidak, apakah muntah darah diikuti dengan keluarnya sisa makanan, apakah darah yang keluar berwarna kehitaman, karena selain muntah darah, keluarnya darah ini dapat disebabkan oleh batuk akibat bakteri M. tuberculosis penyebab TBC dengan ciri adanya keinginan untuk batuk berdahak secara terus menerus, nyeri pada dada, demam yang berkepanjangan, ada riwayat kontak dengan pasien TBC, keringat malam, dan penurunan berat badan yang drastis. Batuk ini disertai darah berwarna merah segar.Penyebab muntah darah yang terjadi pada seseorang antara lain :
  • Pecahnya pembuluh darah pada esofagus akibat kanker hati (sirosis hepatis).
  • Penyakit GERD (gastroesofageal reflux disease) dimana terjadinya kerusakan dan peradangan esofagus akibat asam lambung yang naik dan mengiritasinya.
  • Sindroma mallory weiss akibat robekan yang terjadi pada lambung maupun esofagus akibat tekanan yang terlalu kencang. Hal ini dapat disebakan oleh muntah hebat pada ibu hamil dan pasien yang sedang menjalankan kemoterapi.
  • Perdarahan saluran cerna bagian atas akibat penggunaan obat anti nyeri secara terus menerus.
Muntah darah dapat mengakibatkan kekurang darah yang memicu terjadinya anemia bahkan syok akibat perdarahan bagi penderitanya. Untuk itu, jika mengalami muntah darah, maka penderita harus segera dibawa ke dokter untuk pemeriksaan dan penatalaksanaan lebih lanjut.Semoga bermanfaat dan semoga lekas sembuh.Salam sehat.dr. Lidya Hapsari.
tbcsirosis hatimuntah darah
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil