16 Dec 2020, 10:16Infeksi

Demam tidak kunjung turun disebabkan apa?

KW
Info Penanya: KW0
Halo dok... Sudah seminggu ini ayah saya sakit panas dingin, muntah, menggigil, pusing, tidak napsu makan, sekarang panasnya cukup tinggi dan setiap ayah saya buang air besar itu tidak bisa keluar dok Sudah minum obat paracetamol untuk menurunkan panasnya tetapi tidak hilang dok, apa yang harus saya lakukan dok, penyakit apa yang di alami ayah saya dok, apa obat yang bisa menyembuhkan penyakit ayah saya dok Terimakasih...
184 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Constantia Evelin Kwandang
(0)
Halo K,
Demam adalah peningkatan suhu tubuh hingga diatas 37,5°C. Peningkatan suhu tubuh merupakan respons kekebalan tubuh terhadap infeksi bakteri atau virus. Demam yang disebabkan oleh virus sesungguhnya dapat sembuh sendiri, namun bila disebabkan infeksi bakteri diperlukan pengobatan dengan antibiotik. 
Demam umumnya diikuti juga oleh beberapa gejala tambahan seperti berkeringat, meriang dan menggigil, sakit kepala, nyeri otot atau pegal, hilang nafsu makan, dan badan terasa lemah.
 
Terkadang, untuk menentukan penyebab demam diperlukan alat bantu yaitu tes darah. Tes darah dapat mengidetifikasi bakteri atau virus yang menyebabkan timbulnya demam, terutama jika sudah diberi penurun panas namun demam tidak juga mereda. Penyakit yang lebih serius seperti pneumonia, infeksi saluran kemih, hingga radang otak juga di awali dengan gejala demam, untuk memastikannya dokter mungkin perlu melakukan foto rontgent, tes urin, hingga tes pungsi lumbal.
 
Segera kunjungi dokter jika selain demam ada gejala seperti muncul ruam kulit, sensitifitas terhadap cahaya, kesulitan bernapas atau nyeri dada, sakit ketika buang air kecil, atau kejang.
 Salam sehatdr. Evelin Kwandang
kesehatan lansiademaminfeksi bakteri
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil