03 Dec 2020, 16:30Kandungan

Mengapa terlambat haid hampir 3 bulan?

AT
Info Penanya: AT0
dok saya umur 19 tahun. saya terakhir menstruasi tanggal 26 september sampai 1 oktober. sampai sekarang blum mens lagi dok, bagaimana ya dok?
390 Views
0 Balasan
SehatQ
Dijawab Oleh  dr. Farahdissa
(0)
Selamat siang, ATTerima kasih atas pertanyaannya.Haid yang dialami wanita dapat terjadi setiap 28 hari sekali atau 21-35 hari sekali.  Haid merupakan peluruhan dinding rahim akibat tidak adanya pembuahan yang terjadi antara spema dan sel telur.  Meluruhnya dinding rahim akan keluar berupa darah dari liang vagina.  Apabila haid kurang dari 21 hari atau tidak datang hingga lebih dari 35 hari maka terjadi gangguan siklus haid yaitu terlambat haid.  Kondisi ini dapat terjadi karena adanya hormon tidak seimbang.

Penyebab terlambat haid :

  • Stress, banyak pikiran.
  • Sering begadang, kelelahan.
  • Penggunaan KB hormonal.
  • Kehamilan
  • Obesitas atau terlalu kurus.
  • Wanita dengan PCOS dan gangguan tiroid.
  • Gangguan pada rahim.
Apabila sudah lebih dari 3 bulan dari haid anda yang terakhir maka perlu periksa dokter kandungan guna dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG untuk melihat apakah tidak haid karena hormon atau ada penyakit yang mendasari.Sementara ini anda dapat melakukan cara untuk menyeimbangkan hormon dengan mengelola stress, istirahat cukup, perbanyak minum air putih, konsumsi makanan bergizi dan tinggi nutrisi, mengurangi makanan dan minuman kurang sehat seperti makanan instan, cepat saji, tinggi kolestrol, tinggi gula, terlalu pedas, minuman kopi, teh, ataupun soda, jaga berat badan seimbang, serta olahraga teratur. Semoga penjelasan ini bermanfaat.Salam sehat,dr. Farah
siklus haidhaidmenstruasigangguan menstruasi
Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat informasi ini bagi anda?(1 Tidak bermanfaat / 5 Sangat bermanfaat)
Balas
Postingan membutuhkan waku beberapa saat untuk tampil

Forum Tanya Dokter

(maks. 500 karakter)
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil