Keluar gumpalan darah besar dan tes positif

M Info Penanya: M, Pria, 28 Tahun
Selamat pg dok,Dok sy habis aborsi keluar gumpalan darah besar, pd saat itu sy tlt haid 1bln lebih 1 minggu dan setelah 7hari aborsi sy tes lg hasilnya positif 2 garis merah, itu hamil atau tidak dokter ???
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang M,

Aborsi adalah tindakan mengakhiri kehamilan, tindakan ini tidak boleh dilakukan tanpa indikasi medis dimana jika kehamilan diteruskan dapat mengancam nyawa ibu atau janin, tindakan gawat darurat ataupun jika terjadi kehamilan akibat tindakan tertentu misalnya pada korban pemerkosaan.

Aborsi sendiri berbeda dengan keguguran, dimana keguguran bisa terjadi karena faktor-faktor yang tidak disengaja. Aborsi merupakan tindakan yang juga memiliki ancaman pidana dimana pada Undang-Undang kesehatan nomer 36 tahun 2009 setiap orang dilarang melakukan aborsi dimana dapat diancam hukuman penjara 10 tahun dan denda maksimal sebesar 1 milyar rupiah baik pelaku maupun penolong aborsi. 

Aborsi sendiri dapat menimbulkan sejumlah bahaya juga seperti:

  • Kegagalan aborsi
  • Kehamilan tetap berlanjut
  • Berisiko terjadi perdarahan
  • Bisa ada sisa jaringan dari kehamilan
  • Bisa menimbulkan infeksi
  • Bisa berisiko merusak rahim dan leher rahim
  • Menimbulkan masalah psikologis 

Hasil testpack sendiri masih dapat positif karena beberapa faktor bisa karena masih ada kehamilan, masih ada sisa hormon kehamilan, ada sisa jaringan dan lainnya. Untuk itu periksakan kondisi Anda pada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk memastikan kondisinya. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Preeklampsia ringan dapat memengaruhi tekanan darah ibu hamil

Gejala Preeklampsia Ringan dan Cara Menanganinya

Preeklampsia ringan diketahui lewat pemeriksaan tekanan darah dan urine saat pemeriksaan kehamilan rutin. Berikut adalah gejala dan cara menangani masalah preeklampsia ringan yang perlu diketahui ibu hamil.