Terlambat menstruasi dengan riwayat berhubungan dan keluhan sakit perut

SU Info Penanya: SU, Wanita, 21 Tahun
Hallo dok, saya wanita usia 21 th saya menstruasi tgl 2 juni dan tgl 27 kemarin saya berhubungan sex tapi sampai tgl 2 juli saya belum menstruasi juga dok, tadi sore perut saya aga sakit seperti mau menstruasi tapi tidak keluar darah. Itu bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat malam, SA.

Telat menstruasi kerap kali diidentikan dengan tanda awal kehamilan, namun nyatanya terdapat berbagai macam faktor yang dapat memicu gangguan menstruasi. Faktor-faktor tersebut terlebih dahulu menyebabkan hormon pengatur siklus menstruasi mengalami ketidakseimbangan lalu memberikan dampak pada gangguan menstruasi yang berupa keterlambatan, flek diluar siklus serta berbagai gangguan lainnya. 

Adapun faktor-faktor penyebab gangguan menstruasi tersebut diantaranya adalah :

  • kegemukan ataupun terlalu kurus
  • kelelahan
  • penggunaan atau konsumsi obat tertentu berupa Pil KB dan obat lainnya
  • stres dan berbagai kondisi mental emosional yang sedang tidak stabil lainnya
  • kondisi medis penyakit tertentu seperti kista ovarium, PCOS, hingga gangguan tiroid

Mengenai keluhan terlambat menstruasi pada Anda, sejatinya bisa saja disebabkan oleh salah satu faktor yang telah dipaparkan diatas. Sedangkan keluhan sakit perut yang menyertai, dapat berupa gejala pra-menstrual (sindroma PMS) ataupun kram perut pada awal kehamilan. Bagi Anda yang sebelumnya memiliki riwayat berhubungan seksual dalam waktu dekat, perlu dikonfirmasi terlebih dulu dengan melakukan test pack karena bisa jadi faktor penyebabnya adalah kehamilan. Anda dapat melakukan test pack saat ini dan jika memang menstruasi masih tidak kunjung datang, Anda dapat mengulang pemeriksaan satu minggu kemudian agar lebih akurat.

Untuk keterangan dan pemeriksaan lebih lanjut, Anda dapat menemui dokter Spesialis Kandungan secara langsung.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ.  Salam sehat,  dr. Rahmita Dewi

 

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Obat pelancar haid biasanya diresepkan dokter untuk wanita yang siklus haidnya tidak teratur dan menggangu kesuburan

Obat Pelancar Haid Ketika Siklus Datang Tak Teratur

Siklus menstruasi sering kali tidak teratur dan berantakan. Untuk mengatasinya, dokter biasanya akan meresepkan obat pelancar haid. Namun, pemberian obat pelancar haid hanya dilakukan apabila siklus haid mengganggu kesuburan.