Terlambat haid apakah pertanda hamil?

AN Info Penanya: AN, Wanita
Pgi dok mau tanya...saya haid terakhir bln tgl 28 mei .sya lakukan hbngan bln juni sktr tgl 14...smpi saat ini bln juni sya tdk haid smpi juli tgl 1...apakh sya hamil???SYA SEMPT TES PEK TGL 23 juni tpi negatif
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, A

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Setiap wanita pasti mengalami haid sejak masa remaja hingga masa menopausenya. Normalnya, siklus haid wanita adalah 21-35 hari sekali. Terlambatnya siklus haid memang bisa disebabkan karena adanya kehamilan, namun ternyata banyak juga penyebab lain yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi tidak lancar.

Adapun beberapa penyebab tersebut yaitu:

Untuk mendukung berhasilnya program hamil, perlu dilakukan hubungan seksual dan ejakulasi di dalam vagina agar membantu memudahkan sperma masuk kedalam rahim untuk bertemu dengan sel telur wanita pada saat wanita sedang dalam masa suburnya. Apabila Anda sudah melakukan tes kehamilan dan hasilnya negatif, Anda bisa melakukan tes kehamilan ulang dengan jeda 1 minggu kemudian.

Saran yang dapat Anda lakukan agar siklus haid lancar adalah menghindari stres, konsumsi makanan bergizi, cukupi kebutuhan cairan, dan istirahat cukup. Bila hasil tes kehamilan positif atau siklus haid masih juga tidak lancar, periksalah ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma

Wajah Kusam Saat Hamil, Apa Penyebabnya?

Wajah kusam saat hamil dikenal dengan chloasma atau melasma. Meski dapat mengganggu penampilan, kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan. Lantas, apa penyebab dan bagaimana cara mencegah kulit wajah kusam saat hamil?