Apa tes pack saya artinya positif?

SU Info Penanya: SU, Wanita, 1 Tahun
mlm dok..saya mau tanyasaya sudah telat 2 mnggu dok....setelah saya TP hasil ny 2 garis yg satu jelas yang satu samar..dan pernah kluar darah sedikit dan nyeri pada pinggang....apakah itu kmungkinan positif dok...tetimakasihh
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang SU,

Tes pack adalah pemeriksaan untuk mendeteksi kehamilan yang hanya menggunakan sample urin di pagi hari, sehingga caranya sangat mudah dan praktis. Hasil tes pack positif atau tampak 2 garis merah menandakan adanya kehamilan. Namun seringkali muncul kebingungan bila ada tanda-tanda kehamilan seperti mual, muntah, badan lemas, nyeri pinggang, dll namun hasil tes packnya negatif. Atau kebingungan lainnya bila hasil tes pack 2 garis namun yang 1 garis jelas, yang 1 garis samar-samar.

Perihal adanya 2 garis namun yang 1 garis masih samar-samar, ada beberapa kemungkinannya:

  • Pemeriksaan dilakukan terlalu cepat sehingga hormon kehamilan di urin belum banyak. Sebaiknya melakukan tes pack 1 minggu setelah terlambat haid.
  • Pembacaan urin dilakukan terlalu lama, sehingga urin akan menguap dan memberikan gambaran seolah-olah positif samar.

Sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan tes pack ulang dengan jarak 1 minggu sejak pemeriksaan pertama untuk konfirmasi hasilnya. Bila Anda benar-benar positif maka garis tes pack akan tampak lebih jelas. Selama menunggu waktu tersebut, jalankan pola hidup sehat dengan banyak makan sayur hijau, buah, ikan, minum suplemen asam folat, omega 3, banyak istirahat, dan minum air putih yang banyak agar pinggang tidak nyeri.

Lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan bila Anda kurang yakin dengan hasil tes pack yang kedua.

Salam sehat,

dr. Vina

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Cairan yang keluar sebelum sperma, memiliki tekstur yang berbeda dari sperma, namun bisa sebabkan kehamilan.

Cairan yang Keluar Sebelum Sperma Bisa Bikin Hamil, Benarkah Demikian?

Cairan yang keluar sebelum sperma bisa bikin hamil? Mungkin, pertanyaan ini selalu muncul di benak pasangan suami-istri, yang berhubungan intim, tanpa pengaman alias kondom. Berikut adalah penjelasan ilmiah mengenai cairan yang keluar sebelum sperma.