Bagaimana cara untuk menentukan usia kehamilan?

SU Info Penanya: SU
Dok mau tanya saya berhubungan suami istri tgl 17 oktober 19 langsung telad dan hamil lahir bayi kami tgl 2juni 20 berapa bln umur kehamilan istri saya
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat sore, S

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kehadiran buah hati merupakan sebuah karunia yang dinantikan oleh hampir seluruh pasangan suami istri. Oleh karena itu, mulai dari program hamil, masa-masa kehamilan, proses kelahiran buah hati, hingga masa-masa pertumbuhan dan perkembangannya perlu diperhatikan dan dijaga baik oleh kedua orang tua. 

Untuk mengetahui usia kehamilan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, diantaranya yaitu:

  • Acuan Last menstrual period (LMP)
    • Perhitungan usia kehamilan dengan cara ini dapat diketahui dari hari pertama haid/menstruasi terakhir (HPHT). Misalnya, HPHT adalah10 Juni dan melakukan hubungan seksual pada tanggal 20 juni, maka usia kehamilan dihitung sejak tanggal 10 Juni. 
  • Menggunakan alat scan (USG kehamilan)
    • Selain dapat mengetehui usia kehamilan, dengan pemeriksan USG dapat mendeteksi adanya kelainan bawaan pada janin,  mengetahui perkembangan janin, mendeteksi jenis kelamin janin, menentukan hari perkiraan lahir jainin,mendeteksi detak jantung janin, mendiagnosa adanya keguguran dan lain sebagainya.

Terkait dengan pertanyaan Anda, tidak bisa dilakukan perhitungan usia kehamilan, karena Anda tidak mencantumkan hari pertama haid terakhir istri Anda, sebelum Anda melakukna hubungan seksual. 

Bilamana terdapat keluhan terkait dengan kandungan bisa diperiksakan ke dokter spesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

ibu hamil mengalami perut kencang pada masa kehamilan 39 minggu

Hamil 39 Minggu Perut Sering kencang? Ini Jawabannya

Saat hamil 39 minggu, beberapa calon ibu mulai mengalami berbagai keluhan, salah satunya adalah perut sering kencang. Umumnya, hamil 39 minggu perut sering kencang dapat diakibatkan oleh kontraksi Braxton-Hicks. Kenali apa itu kontrakis Braxton-Hicks