Apakah yang dimaksud dengan gangguan kecemasan umum?

CW Info Penanya: CW, Wanita, 22 Tahun
Selamat siang dokMaaf saya ingin bertanya, beberapa hari ini saya merasa tiba-tiba cemas, takut, bingungNah itu kenapa dok ya ?Terimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CW

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Rasa cemas sesekali muncul wajar dirasakan oleh setiap orang saat mendengar kabar atau berita yang kurang menyenangkan. Rasa cemas yang muncul secara terus-menerus, tanpa sebab yang jelas dan juga berlebihan dapat merupakan suatu keadaan yang memerlukan penangan khusus oleh medis. Kecemasan yang menggangu aktiftias sehari-hari, keidupan sosial, dan juga lingkungan sekitar, serta sulit dikendalikan karena muncul terus-menerus sering disebut dengan istilah gangguan kecemasan umum.

Adapun beberapa tanda dan gejalanya adalah:

  • Kecemasan yang diarasakan berlebihan dan sulit dikendalikan
  • Kecemasan yang diikuti dengan beberapa gejala seperti:
    • Mudah lelah
    • Nyeri otot / tegang
    • Mudah cemas dan gelisah
    • Sulit berkonsentrasi
    • Masalah tidur (insomnia)

Beberapa penyebab yang dapat menyebabkan gangguan kecemasan umum adalah terdapat masalah pada aktivitas otak dibagian yang terkait emosi dan pola pikir dan atau tingkah laku, adanya faktor genetik, pengaruhd ari faktor lingkungan, jenis kelamin, tipe kerpibadian seseorang, dan lain sebagainya.

Terkait dengan keluhan yang Andar rasakan sebaiknya segera periksakan ke dokter sepsialis jiwa terdekat, untuk mendapat kan konsultasi dan terapi yang sesuai.

tetap berusaha mengonsumsi makanan bergizi, perbanyak sayur dan buah, berusaha untuk berpikiran positif, lakukan yoga / meditasi, olahraga rutin dan jaga kebersihan diri dan lingkungan.

Semoga bermanfaat.


Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Serangan panik dapat terjadi pada kondisi apa saja bahkan dapat terjadi saat tidur

Ketahui Gejala Serangan Panik dan Penyebab-penyebabnya!

Serangan panik adalah perasaan takut yang amat sangat dan terjadi secara tiba-tiba dan menimbulkan respon tubuh padahal tidak ada bahaya apapun atau penyebab yang jelas. Gejalanya adalah jantung berdebar, berkeringat dan gemetar.