Flek darah dan didapatkan testpack positif

PT Info Penanya: PT, Wanita, 39 Tahun
Selamat malam dok,saya mau tanya saya melakukan test pack hasilnya garis dua terang tapi kenapa setiap hari ada flek ada darah seperti haid tapi tidak banyak,saya juga merasa mual setiap hari dan sedikit pusing,mohon penjelesannya dok
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang PT,

Testpack adalah alat untuk mendeteksi kehamilan secara dini dengan mendeteksi adanya hormon kehamilan dalam urine. Pemeriksaan ini bisa dilakukan paling cepat 1 minggu setelah terjadi pembuahan.

Adanya flek darah yang terjadi di awal kehamilan, bisa merupakan perdarahan implantasi ketika sel telur yang sudah dibuahi akan menempel di dinding rahim. Flek ini juga bisa menjadi salah satu tanda kehamilan.

Penyebab lain flek sendiri diantaranya seperti:

  • Gangguan hormonal
  • Gangguan letak kehamilan atau kehamilan ektopik
  • Ancaman keguguran
  • Adanya kista
  • Adanya polip rahim
  • Adanya tumor jinak

Apabila flek timbul lebih deras atau disertai dengan nyeri perut dan nyeri punggung ataupun flek terjadi lebih dari 7 hari, maka sebaiknya dilakukan pemeriksaan pada dokter spesialis kandungan untuk memastikan apa penyebabnya.

Nantinya juga akan dipastikan apakah benar ada kehamilan dengan pemeriksaan USG untuk melihat ada tidaknya kantung janin yang terbentuk. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

dr. Adhi P.

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Sampai saat ini belum ada obat mandul tetapi ada obat yang meningkatkan kesuburan

Apakah Obat Mandul Memang Ada?

Kemandulan selalu dianggap sebagai sesuatu yang tidak dapat disembuhkan. Namun ada beberapa obat yang dipercaya dapat mengatasi kondisi ketidaksuburan dari dokter yang dapat digunakan untuk mengatasi kemandulan. Tidak hanya wanita, pria juga bisa diberikan obat seperti suntikan hormon FSH atau HcG.