Apakah penyebab siklus haid saya tidak teratur?

LF Info Penanya: LF
Dok. Saya terakhir haid bulan april. Bulan mei saya tidak mengalami datang bulan nah sekarang juni belum haid. Kira kira apa ya dok obatnya?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi, L

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Haid merupakan kondisi rutin yang dialami wanita hampir setiap bulan. Siklus haid normal pada wanita adalah 21 - 35 hari, dengan rata-rata wanita mempunyai siklus haid 28 hari. Lamanya masa haid pada wanita normal adalah 3-7 hari dan mayoritas wanita mengalami masa haid selama 3-5 hari.

Darah yang keluar saat haid memiliki konsistensi yang bervariasi mulai dari bercak, cair, cair kekentalan, bahkan gumpalan. Begitu juga dengan warna dari darah haid mulai dari merah, merah kecokelatan, cokelat, merah kehitaman, bahkan hitam. Selain karena kehamilan, terdapat beberapa kondisi yang dapat mempengaruhi sklus haid.

Adapun kondisi yang dapat menyebabkan siklus haid terlambat adalah:

  • Stres
  • Kelelahan
  • Perubahan berat badan yang terjadi secara mendadak
  • Obesitas
  • Masalah pada organ reproduksi wanita
  • Masalah hormonal
  • PCOS
  • Efek samping dari penggunaan alat kontrasepsi

Terkait dengan keluhan Anda, bisa disebabkan oleh beberapa kondisi yang sudah disebutkan di atas. Selain itu juga dapat disebabkan kondisi medis yang lainnya. Untuk itu, sebaiknya hindari stres, konsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat dengan cukup, hindari kelelahan, dan lakukan olahraga ringan agar badan tetap bugar.

Jika haid masih tidak kunjung datang, segera periksakan diri Anda ke dokter sepesialis kandungan terdekat.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Penderita menorrhagia dapat mengeluarkan darah menstruasi lebih dari 80 ml

Terlalu Sering Ganti Pembalut? Anda Mungkin Terkena Menorrhagia

Sering gonta-ganti pembalut saat menstruasi sangat menganggu bagi perempuan. Kondisi ini dapat mengindikasikan terjadinya menorrhagia, yaitu volume darah menstruasi yang dua kali lipat lebih banyak dari jumlah normal. Dalam kondisi normal, perempuan mengeluarkan 30-40 ml darah menstruasi dalam waktu empat hingga lima hari. Ada beberapa penyebab menorrhagia, dimulai dari ketidakseimbangan hormon hingga penyakit. Segera konsultasikan ke dokter agar penyebab menorrhagia dapat diketahui.