Terlambat haid setelah ejakulasi di luar, apakah hamil?

HA Info Penanya: HA, Wanita, 22 Tahun
Dok saya berhub tgl 26maret itupun tidak masuk dan keluarnya diluar pada tgl 5april saya haid seperti biasa selama 5 hari tapi selama bulan april sampai sekrang saya tidak berhub sama sekali dok dan tgl 6mei saya haid lebih awal 4hari sudah bersih tapi hari ke 5 dan ke6 setelah haid keluar bercak darah itupun hanya settes dok apakah saya hamil dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, HA

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Siklus menstruasi pada wanita berbeda-beda, rata-rata wanita mempunyai siklus 28 hari. Siklus menstruasi dikatakan normal adalah 21-35 hari. Cara menghitungnya dimulai dari hari pertama menstruasi sampai dengan hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Lamanya menstruasi dikatakan normal terjadi pada 2-14 hari. Darah yang keluar saat menstruasi juga beragam, mulai dari bercak, gumpalan, merah segar, merah kecokelatan, merah kehitaman, bahkan cokelat.

Beberapa hal yang memperngaruhi siklus menstruasi adalah:

Kehamilan merupakan hal yang dinantikan hampir setiap pasangan. Tanda pasti dari kehamilan adalah hasil positif dari tes kehamilan, pemeriksaan fisik dari dokter dan pemeriksaan USG. 

Terkait dengan pertanyaan Anda, jika ejakulasi dilakukan diluar organ reproduksi wanita maka kemungkinan terjadinya proses kehamilan sangatlah kecil. Namun, jika Anda ragu-ragu bisa melakukan tes kehamilan. Bila hasilnya samar, bisa di ulang dengan jeda 1 minggu kemudian. Pastikan anda mengonsumsi makanan bergizi, istirahat cukup, hindari stres dan juga kelelahan.

Periksakan diri Anda ke dokter spesialis kandungan bila keluhan dirasa tidak membaik, dan atau disertai dengan nyeri perut bagian bawah.

Semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,

 

dr. Dian

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Hasil tespek positif hamil

Mungkinkan Melakukan Hubungan Seks saat Haid Menyebabkan Kehamilan?

Periode ovulasi setiap wanita berbeda-beda. Jika Anda memiliki siklus menstruasi lebih panjang, Anda masih tetap dapat hamil jika berhubungan seks saat menstruasi.