Bagaimana cara menghitung masa subur?

DA Info Penanya: DA, Wanita, 18 Tahun
Hallo dok Saya mau tanyaSaya mengalami terakhir haid tanggal 29 April-4 Mei,,nah kira-kira masa subur saya tanggal berapa ya dan masa tidak subur saya tanggal berapa??Jika mau melakukan hubungan intim agar tidak terjadi kehamilan,tanggal berapa yang cocok??
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, DA.

Masa subur adalah kisaran hari-hari dimana sepasang suami istri dianjurkan untuk berhubungan apabila ingin mendapatkan momongan. Sebaliknya, jika ingin menunda, pasangan sebaiknya tidak berhubungan pada masa ini. 

Puncak masa subur disebut sebagai ovulasi, yaitu ketika sel telur yang siap dibuahi dilepaskan dari ovarium. Ovulasi terjadi pada hari ke-14 sebelum haid berikutnya. Sejak lima hari sebelum ovulasi sampai hari saat terjadinya, itulah yang disebut dengan masa subur.

Oleh karena itu, untuk mengetahui kapan masa subur Anda, sebaiknya Anda mengetahui siklus haid Anda terlebih dahulu. Siklus haid yang normal berkisar antara 21-35 hari dengan rata-rata 28 hari. Dengan asumsi Anda mengalami siklus 28 hari dan teratur, masa subur Anda akan jatuh pada rentang 8-13 Mei. Tetapi, perhitungan ini akan berbeda apabila siklus Anda bukan 28 hari, ya.

Anda juga bisa berkonsultasi kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan apabila Anda ingin melakukan program hamil ataupun menunda kehamilan dengan kontrasepsi. Dokter akan melakukan pemeriksaan kepada Anda, dan akan menyarankan hal-hal yang sesuai.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

 

Salam sehat,
dr. Sylvia

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Dalam proses bayi tabung, pembuahan antara sel telur dan sperma akan dilakukan di luar rahim

Dapatkan Momongan dengan Bayi Tabung, Bagaimana Prosesnya?

Bayi tabung bisa menjadi jalan bagi Anda yang ingin mendapatkan momongan. Pada prosedur ini, pembuahan sel telur dan sperma dilakukan di luar rahim, yang selanjutnya dimasukkan kembali ke dalam rahim.