Apa penyebab benjolan di leher kanan?

LV Info Penanya: LV, Wanita, 1 Tahun
Selamat malam dokDua hari yg lalu saya merasa gigi saya kayak rontok saat makan dan pusing 2 hari belakangan ini. Hari ini pusing sudah tidak ada dan gigi sudah terasa normal , tapi dok tiba² tadi saya cek leher sebelah kanan saya ada benjolan dan apabila di pegang terasa hangat dan agak nyeri. Kalau boleh tau itu bahaya gk dokTerimakasih
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat pagi LV,

Terimakasih atas pertanyaan Anda di SehatQ.

Di dalam leher, baik di sisi kanan dan kiri, terdapat banyak jaringan, otot, pembuluh darah, saraf, dan kelenjar getah bening. Selain itu, di dalam leher juga terdapat beberapa organ penting lain, seperti kelenjar tiroid dan paratiroid.

Beberapa penyebab munculnya benjolan di sebelah kanan :

  1. Pembesaran kelenjar getah bening
    Kelenjar ini berperan dalam membentuk kekebalan tubuh untuk melawan infeksi dan sel kanker. Ketika Anda sakit, seperti infeksi telinga, infeksi sinus atau sinusitis, radang amandel dan tenggorokan dan infeksi gigi. Kelenjar getah bening biasanya akan membesar untuk menyerang penyebab infeksi tersebut.
  2. TB kelenjar. 
  3. Gondok
    Merupakan pembesaran abnormal pada kelenjar tiroid yang ada di leher akibat gangguan pada hormon tiroid atau kekurangan yodium.

Untuk mengatasi benjolan di leher Anda di rumah, Anda dapat melakukan beberapa tips di bawah ini :

  • Kompres hangat di bagian benjolan
  • Istirahat cukup minimal 6-8 jam sehari
  • Konsumsi makanan bergizi perbanyak sayur dan buah
  • Konsumsi banyak air putih minimal 2-3 liter/hari

Jika benjolan Anda tidak kunjung membaik atau disertai keluhan lain seperti sesak napas, demam, batuk, dan keluhan lainnya. Sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter THT untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat,

Salam sehat,

dr. Aisyah

Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Posisi tidur yang salah dapat menyebabkan otot keseleo dan leher kaku

Leher kaku Sangat Mengganggu, Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Leher kaku biasanya diiringi dengan rasa nyeri saat bangun pagi atau seusai bekerja di depan layar komputer. Penyebab leher kaku beragam, mulai dari keseleo hingga meningitis.