Telat haid 8 hari, tetapi test pack negatif, karena apa ?

CC Info Penanya: CC, Wanita, 26 Tahun
Dok, saya sudah telat haid 8 hari. Tapi sampai hari ke 8 ini tidak ada tanda2 keluar haid, tanda2 jerawat cuma muncul 2. Nyeri punggung dan payudara juga tidak muncul. Padahal setiap mau haid selalu terasa. Di bulan2 sebelumnya juga haid teratur. Saya kira hamil. Pas saya cek pakai tespack hasilnya negatif, juga tidak terasa tandaw hamil. Jd badan saya rasanya biasaya saja. Bagaimana ya dok?
Forum Jawab Doctor
Dijawab oleh

Selamat siang, CC.

Telat haid merupakan tanda kehamilan yang tidak pasti terkait dengan banyaknya faktor lain yang dapat menggangu siklus menstruasi. Faktor-faktor tersebut memicu ketidakseimbangan hormon pengatur siklus menstruasi pada tubuh wanita sehingga  berdampak menjadi gangguan haid. 

Adapun beberapa faktor yang dapat memicu gangguan siklus haid tersebut, yang meliputi :

  • faktor keturunan
  • keadaan mental emosional yang sedang terganggu seperti stres dan kecemasan
  • penggunaan obat-obatan tertentu
  • berat badan yang terlalu kurus atau gemuk
  • penyakit dan kondisi medis tertentu seperti kondisi kehamilan atau penyakit kista ovarium dan lain-lainnya
  • gangguan pola makan seperti bulimia dan pola makan tidak sehat 
  • kelelahan

Mengenai keluhan yang Anda alami, ada baiknya untuk melakukan test pack ulang, dalam waktu seminggu kedepan untuk menghindari keadaan negatif palsu, dan dapat memberikan waktu untuk hormon kehamilan meningkat dengan signifikan. Akan tetapi jika hasil test pack tetap negatif, maka penyebab dari keadaan yang Anda alami mungkin berupa salah satu faktor diatas. Untuk memastikannya, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter Spesialis Kandungan.

Untuk sementara Anda dapat mencoba cara alami seperti mengatur pola makan hingga menjadi lebih sehat dengan menghindari makanan cepat saji dan tinggi pengawet, memperbanyak konsumsi sayuran hijau dan minum air putih lebih banyak disertai istirahat dengan cukup. Anda pun dapat melakukan olahraga ringan berupa yoga atau jenis yang lainnya.

Jika haid tidak kunjung datang dalam selang waktu lebih dari satu bulan, periksakanlah diri Anda.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan terimakasih telah menggunakan layanan aplikasi SehatQ. Salam sehat, dr. Rahmita Dewi
Postingan membutuhkan waktu beberapa saat untuk tampil
(maks. 500 karakter)

Artikel Terkait

Warna darah haid mengindikasikan kesehatan organ reproduksi pada wanita

Dari Merah sampai Hitam, Kenali Warna Darah Haid Anda

Warna darah haid adalah tanda kesehatan reproduksi seorang wanita. Jika warnanya abu-abu atau oranye, kondisi ini menandakan adanya infeksi bakteri di vagina.